Panen Raya, Bupati Bima: Jadikan Bima Lumbung Pangan Terbesar di NTB

1456

Bima, Wartantb.com – Bupati Bima Hj.Indah Dhamayanti Putri melakukan panen raya padi jenis Ciherang di So Tolonggeru, Desa Monggo, Kecamatan Madapangga, Kabupaten Bima, Sabtu (4/3/2017).

Kegiatan dihadiri Anggota DPRD Kabupaten Bima, Assisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Setda Bima,  Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holltikultura Kabupaten Bima, Camat Madapangga, Kades Monggo,  Ketua dan anggota Melompok Tani So Tolonggeru.

Bupati Bima menyampaikan apreasi yang tinggi atas jerih payah ketua kelompok So Tolonggeru beserta anggota kelompoknya. Hal ini merupakan wujud dukungan masyarakat dalam memantapkan langkah Kabupaten Bima sebagai lumbung pangan terbesar khususnya yang berada di wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB).

Dikatakan, melalui panen padi ini warga masyarakat tidak mengalami kekurangan stok beras untuk kebutuhan dan dapat dijual untuk pendapatan sehingga kebutuhan akan tercukupi.

Disamping itu, Bupati menyampaikan kepada seluruh kepala desa yang berada di Kecamatan Madapangga agar Alokasi Dana Desa ( ADD) yang dikelola  selain untuk kegiatan sarana dan prasarana pembangunan, juga  bisa digunakan untuk kegiatan pertanian, sehingga  kebutuhan masyarakat/kelompok tani dapat terpenuhi.

Selain panen raya padi, di desa Monggo Kecamatan Madapangga juga terkenal dengan susu kuda liar. Produk susu kuda liar sudah terkenal sehingga dari hasil produksi susu kuda liar, kedepanya bisa terus dikembangkan dan dijual untuk  meningkatkan taraf hidup masyarakat.

“Saya menghimbau kepada kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura beserta jajaranya agar dapat memperhatikan kelompok-kelompok tani dalam rangka meningkatkan hasil usahanya di bidang pertanian terutama dalam rangka meningkatkan produksi hasil tanaman padi menjadi lumbung pangan,” harap Dinda sapaan akrab Bupati..

Kepala Desa Monggo Kecamatan Madapangga Mayor Abdul Gani mengemukakan, untuk luas areal lahan yang ditanam sebanyak 1.450 Hektar (Ha) dengan melibatkan 10 anggota kelompok tani,  sehingga pada panen perdana ini baru dilakukan seluas 276 Ha dengan lahan tadah hujan, dengan adanya panen ini masyarakat bisa menikmati hasilnya.

Momentum tersebut ditandai dengan penyerahan bantuan mesin pompa air (Water Pump) merek Honda WL30 XN kepada Israil ketua kelompok tani So Tolobou Desa Monggo dan kepada Abdurrahman Abdullah ketua Kelompok tani Mangge Kompo .

Acara kemudian dilanjutkan dengan kegiatan panen raya padi jenis ciherang yang dilakukan secara simbolis oleh Bupati Bima didampingi Assisten II Setda Bima, Kepala Dinas Pertanian Tanaman pangan dan Holtikultura, Anggota DPRD Kabupaten Bima, Kades Monggo dan Ketua kelompok tani. (WR-Hum)