Panen Perdana Bawang Putih, Dandim Lotim Ingin Buat Percontohan

845
Dandim 1615/Lotim Agus Setiandar S.IP mengahdiri panen perdana bawang putih di lokasi percobaan di Desa Sembalun, Kecamatan Sembalun, Lombok Timur, Kamis (15/2/2018).

Selong, Warta NTB – Dandim 1615/Lotim Agus Setiandar S.IP  mengahdiri panen perdana bawang putih di lokasi percobaan seluas 50 are milik H. Akbar di Desa Sembalun, Kecamatan Sembalun, Lombok Timur (Lotim).

Panen perdana yang digelar, Kamis (15/2/2018) juag dihadiri Kadistan Kabupaten Lotim, Camat Sembalun, Kepala BPP Sembalun, Empat Kepala Desa Kecamatan Sembalun, PPL Gapoktan dan tokoh masyarakat Sembalu beserta anggota Koramil 1615-10/Sembalun

Mengawali sambutannya, Dandim 1615/Lotim Agus Setiandar mengucapkan rasa syukur atas terselenggaranya panen perdana bawang putih yang berada di atas dataran tinggi tersebut.

“Alhamdulillah hari ini kita bisa melaksanakan panen perdana bawang putih di awal tahun 2018,” kata Agus.


Dandim mengatakan, meski musim hujan yang terus menerus kita masih bisa melaksanakan panen perdana bawang putih. Hal ini menunjukan bahwa kita memang bisa menanam bawang putih bukan hanya di waktu tertentu saja.

Lebih lanjut Agus menyampaikan bahwa kedepan kita akan bersama-sama mencoba untuk tetap menanam bawang putih tanpa melihat musim tanam bawang putih dengan harapan ditahun 2019 nanti, kita bisa swasembada bawang putih.

“Semoga apa yang kita kerjakan ini membuahkan hasil yang maksimal dengan terus berupaya untuk mensukseskan swasembada pangan khususnya bawang putih di Sembalun ini ditahun 2019,” tutupnya.

Sementara itu, Kadistan Kabupaten Lotim Juaini mengucapakan banyak terjadi kepada Dandim Lotim yang sudah melaksanakan demplot sebagai percontohan masa tanam di luar musim bawang putih.

Juaini melanjutkan, pemerintahn pusat melalui Menteri Pertanian (Mentan) RI meminta pemerintah NTB untuk menyiapkan sepuluh ribu hektar lahan tempat penanaman bawang putih dan khusus untuk di Lombok Timur akan kita siapkan.

“Mari kita ikuti himbauan dari pemerintah untuk berswasembada bawang putih dengan memilih bibit yang  paling bagus dengan mutu terbaik sehingga hasilnya juga baik,” pungkasnya. (WR-02)