Pacuan Kuda Jadi Kalender Tahunan Pemerintah Kabupaten Bima

1646

BIMA, Warta NTB – Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri mengemukakan lomba pacuan kuda tradisional Bima akan menjadi kalender tahunan Pemerintah Kabupaten Bima.

Langkah ini diambil pemerintah Kabupaten Bima karena selain mulai diminati oleh masyarakat, event pacuan kuda juga akan dijadikan ajang untuk mempromosikan pariwisata dan kebudayaan daerah.

Selama setahun Pemerintah Kabupaten Bima menggelar tiga kali kajuaraan  termasuk di dalamnya kejuaraan memyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi NTB.

Hal tersebut disampaikan Bupati saat membuka lomba pacuan kuda tradisional Bima di arena pacuan kuda Desa Panda, Kecamatan Palibelo, Sabtu (2/12/2017).

“Lomba pacuan kuda kini telah ditetapkan sebagai kalender event untuk mempromosi parwisata dan budaya Bima,” kata Bupati.

Di tempat yang sama, Rukmini Ketua panitia pelaksana menyebutkan, kejuaraan kali ini dilaksanakan dalam rangka menyabut HUT Provinsi NTB ke 59 tahun 2017 yang akan dilaksanakan, tanggal 2-10 Desember 2017.

Kejuaraan diikuti 433 ekor kuda yang terbagi dalam 13 kelas termasuk enam kelas umum dan peserta kompetisi berasal dari Kota Bima, Kabupaten Bima, Dompu, Sumbawa dan Sumbawa Barat serta NTT.

Turut hadir dalam acara pembukaan Kapolda NTB Brigjen Pol. Drs Firli M.Si yang memberikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan pacuan kuda tradional di Kabupaten Bima.

Sebelum kejuaraan dimulai, pada kesempatan itu, Kapolda NTB juga memberikan santunan kepada para joki cilik yang cukup terkenal itu. (WR-02)