Operasi Keselamatan 2019, Sat Lantas KSB Bekali Pelajar Pemahaman Berlalu Lintas

636
Kegiatan sosialisasi dan pemahaman berlalu lintas yang dilaksankan Sat Lantas Kabupaten Sumbawa Barat di SDN 3 Taliwang, Kamis (9/5/2019).

TALIWANG, Warta NTB – Sat Lantas Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) memberikan sosialisasi dan pemahaman berlalu lintas kepada para pelajar dalam Operasi Keselamatan 2019.

Kasat Lantas Polres Sumbawa Barat  Iptu I Putu Gde Caka PR, S.IK mengatakan, pihaknya selalu intens melakukan sosialisasi dari satu sekolah ke sekolah lain, baik itu di tingkat SD, SLTP, maupun SLTA.

“Sosialisasi terkini kami lakukan di SDN 3 Taliwang,” jelas mantan Kasat Lantas Polres Bima ini, Kamis (9/5/2019).

Selain itu, kata dia, dengan sosialisasi dan pembelajaran akan terbangun kesadaran tentang pentingnya keselamatan diri saat mereka dewasa nanti.

“Menanamkan disiplin berlalu lintas sejak usia dini merupakan bentuk sosialisasi keselamatan dalam berlalu lintas. Ini penting, karena manfaatnya nanti bagi para generasi muda di masa mendatang akan menumbuhkan disiplin berlalu lintas, hingga akhirnya pelanggaran dan kecelakaan dapat diminimalisir,” ujarnya.

Putu Caka juga mengatakan, kegiatan sosialisasi merupakan bagian dari rangkaian operasai Keselamatan 2019 yang tidak hanya dilakukan penindakan tetapi juga tindakan preventif. Adapun materi yang disampaikan dalam sosialisasi ini antara lain tentang peraturan lalu lintas dan upaya tertib berlalu lintas yang baik dan benar di jalan raya.

Adapun pembelajaran yang diberikan, lanjut Kasat, dimulai dengan  berkendara yang benar serta memakai helm SNI dan sampai  klick, mematuhi rambu-rambu lalu lintas, tidak menggunakan HP saat berkendara dan yang paling penting tentu telah memiliki SIM, dan hal lain yang berhubungan dengan keselamatan di jalan raya.

Ia berharap, melalui sosialisai tersebut para pelajar dan masyarakat dapat mengetahui dan mematuhi peraturan berlalulintas dengan benar karena dengan mematuhi peraturan dan rambu-rambu lalu lintas, akan mengurangi tingkat kecelakaan dan tidak membahayakan pengguna jalan lainnya.

Kegiatan yang dilaksankan Sat Lantas Polres Sumbawa Barat ini juga mendapat apresiasi dan sambutan hangat dari para pelajar, dewan guru dan kepala sekolah setempat. (WR)