Musda III SGI Kabupaten Bima, Eka Ilham Kembali Terpilih Sebagai Ketua Umum

1310
Musda III Serikat Guru Indonesia (SGI) Kabupaten Bima yang digelar di aula Taman Kalaki Panda, Minggu (25/08/2019).

BIMA, Warta NTB – Pengurus Serikat Guru Indonesia (SGI) Kabupaten Bima, menggelar Musyawarah Daerah (Musda) ke-III dengan Tema “Guru Sejahtera, Guru inovatif, Indonesia Unggul” yang digelar di aula Taman Kalaki Panda, Minggu (25/08/2019).

Ketua Umum SGI Kabupaten Bima Eka Ilham, M.Si dalam sambutannya mengatakan, dalam perjalanannya sejak tahun 2013 hingga sekarang bahwasannya SGI selalu berbuat untuk dunia pendidikan khususnya di Kabupaten Bima.

“SGI Kabupaten Bima dengan senang hati akan berkolaborasi dengan Dikbudpora untuk memajukan dunia pendidikan. Kami juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kadis Dikbudpora Kabupaten Bima yang meminta SGI untuk terus terlibat dalam program-program Dikbudpora,” katanya.

Eka Ilham menyampaikan pesan, siapapun yang terpilih sebagai ketua umum dalam Musda III SGI agar tetap menjaga marwah organisasi SGI untuk kepentingan dunia pendidikan.

Sementara Kepala Dinas Dikbudpora Zunaidin, S.Sos MM yang juga menghadiri acara Musda III SGI menyampaikan, dalam waktu dekat organisasi PGRI juga akan melaksankan Musda dengan tema yang sama, ketika kita di dinas itu bicara guru secara menyeluruh, maka kita semua bertanggung jawab.

“Saya tertarik dengan tema yang dibawakan, ketika kita bicara pendidikan hakekatnya adalah guru, tanpa ada guru tidak ada yang bisa mentransfer ilmu kepada putra putri kita.  Anak-anak  kita tidak bisa pintar tanpa ada guru dan kalau gurunya tidak pintar dan tidak inovatif pasti anak anak kita tidak pintar,” katanya.

Zunaidin menyebutkan, setinggi apapun jabatan seseorang pasti ada guru yang mendidik dan mengajarnya. Disamping itu, ia juga meminta PGRI dan SGI sebagai organisasi guru agar bahu membahu dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Bima.

Kata dia, guru sekarang harus inovatif dan mengikuti perkembangan zaman jangan sampai ilmu yang diajarkan guru tidak relevan dan tidak berlaku lagi untuk murid muridnya.

Untuk itu Pemerintah Kabupaten bekerjasama dengan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) bidang pendidikan dan peningkatan mutu guru di daerah mmenggelar kegiatan bimtek untuk para guru sehingga kedepan para guru dan tenaga pendidikan dapat memberikan pendidikanyang baik dalam menciptakan generasi penerus bangsa.

“Saya targetkan 1.000 guru di Kabupaten Bima akan mengikuti bimtek dan untuk tahun 2020 kita akan menganggarkan bimtek yang lebih bermutu dan anggarannya 4 kali lipat dengan anggaran sekarang,” ungkap Kadis.

Dalam kegiatan Musda III SGI Kabupaten Bima, Eka Ilham kembali terpilih secara aklamasi sebagai ketua umum Periode 2019- 2022 dan Susanti, SE tepilih sebagai Sekretaris Umum.

Selain itu, dalam kegiatan Musda juga diisi dengan beberapa kegiatan seperti penyampaian materi yang diberikan oleh beberapa nara sumber antara lain seperti materi kebijakan pendidikan yang disampaikan oleh Dr. Juwaidin Ismail, M.Pd yang juga merupakan Dewan Kehormatan SGI Kabupaten Bima dan juga menjabat sebagai Kasi PTK di Dinas Dikbudpora Kabupaten Bima.

Materi tentang tekhnis penyusunan Daftar Pengusul Penetapan Angka Kredit (Dupak) dan  kenaikan pangkat yang disampaikan oleh Suhardin, MM yang juga menjabat sebagai Ketua Umum SGI Kota Bima.

Kegiatan Musda III SGI Kabupaten Bima ini berlangsung  khidmat, turut dihadiri Dewan Pendidikan Kabupaten Bima  Damhuji, M. Pd. MA dan seluruh anggota Serikat Guru Indonesia Kabupaten Bima. (WR-Man)