MTQ Provinsi NTB Ditutup, Lombok Barat Raih Juara Umum

1523

BIMA, Wartantb.com – Setelah dihelat selama sepekan, akhirnya Mushabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Provinsi NTB yang ke-27 Tahun 2017 yang dilaksanakan di halaman persiapan kantor Bupati Bima di Desa Godo, Kecamatan Woha, Kabupaten Bima, resmi ditutup Wakil Gubernur (Wagub) NTB H.M Amin, SH,M.Si, Rabu (1/11/2017) malam.

Dalam sambutanya Wagub menyapaikan, kegiatan MTQ merupaka syiar islam dalam mengumandangkan asma Allah, sehingga kita dituntut untuk membaca dan memahami isi kandungan dalam kitab suci Al Quran yang merupakan pedoman bagi umat islam.

“Maka dari itu saya menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada pemerintah Kabupaten Bima dan seluruh warga masyarakat yang telah berhasil mengadakan MTQ tingkat Provinsi NTB sehingga berjalan aman, damai dan lancar,” katanya.

Dilanjutkan, tidaklah berlebihan jika amanat yang diberikan pemerintah Provinsi NTB untuk Kabupaten Bima, kita ancunggi jempol karena sejak berlangsungnya kegiatan MTQ, masyarakat Kabupaten Bima begitu antusias menyaksikan pelaksanaa dari pembukaan MTQ hingga penutupan.

Pada kesempatan itu, Wagub memberikan motifasi dan ucapan selamat kepada para juara di masing-masing cabang perlombaan.

“Selamat kapada para juara bila perlu prestasi yang diraih dapat ditingkatkan di even yang lebih tinggi dan bagi yang belum mendapatkan juara jangan berkecil hati karena ini merupakan kemengan yang tertunda yang diraih para kafilah yang mewakili daerahnya masing-masing. Teruslah berlatih semoga pada even selanjutnya dapat meraih juara,” ucap Wagub.

Sedangkan bagi para juara yang memenangkan masing-masing lomba nanti di tahun 2018 akan mewakili provinsi NTB pada MTQ tingkat nasional yang akan dilaksanakan di Provinsi Sumatera Utara.

“Untuk itu, para juara harus betul-betul mempersiapkan diri sedini mungkin untuk mewakili Provinsi NTB di tingkat nasional nantinnya,” pesannya.

Usai menutup MTQ, Wagup bersama Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri menyerahkan tropi dan uang pembinaan pada masing-masing juara di tiap cabang lomba yang diikuti peserta dan Wagub menyerahkan piagam penghargaan terkait suksesnya pelaksanaan MTQ ke-27 tingkat provinsi NTB dari pemerintah Provinsi ke Pemerintah Kabupaten Bima yang diterima langsung oleh Bupati Bima.

Kesempatan ini juga dimanfaatkan Wagub untuk menyerahkan bantuan kepada peserta favorit Hifzil Quran golongan 10 jus putri atas nama Halwa Dhiyaun Nasihan usia tujuh tahun perwakilan Kabupaten Dompu denga uang tunai sebesar Rp 10 juta.

Sementara dalam perhelatan MTQ ke-27 Tingkat Provinsi NTB keluar sebagai juara umum Kabupaten Lombok Barat dan berhak meraih tropi serta uang pembinaan.

Adapun urutan peringkat juara yang diraih 10 kabupaten Kota se Provinsi NTB antara lain: Juara pertama diraih Lombok Barat, Juara kedua dirah Lombok Tengah, Juara ketiga diraih Kota Bima, juara keempat diraih Kota Mataram, juara kelima diraih Kabupaten Bima, juara keenam diraih Lombok Timur, juara ketujuh diraih Sumbawa Besar, juara ke delapan diraih Kabupaten Lombok Utara dan Kabupaten Dompu serta Juara ke sembilan diraih Kabupaten Sumbawa Barat. (WR-02)