MTQ Ke-52 Tingkat Desa Belo Dibuka

671

BIMA,  Warta NTB – Musabaqah Tilawatil Quaran (MTQ) ke-52 tingkat Desa Belo, Kecamatan Palibelo, Kabupaten Bima secara resmi dibuka Camat Palibelo Drs. Darwis, Sabtu (2/11/2019) malam. pembukaan berlangsung meriah dihadiri ribuan warga desa setempat.

Turut hadir dalam acara Kabag Kesrah Setda Bima Drs. H. Zainudin MM, Sekretaris Camat Nuraini S. Sos , Ketua MUI Palibelo Drs. H. Imran M.Si, Ketua LPTQ Palibelo H. Ramli Mahmud, S. Pd, Kepala Desa Kapospol IPDA Sumardin

Ketua panitia, Johan Kurniawan ST menjelaskan kegiatan MTQ digelar sebagai wahana untuk memotivasi masyarakat agar lebih giat mengaji, menanamkan kepada anak-anak untuk mencintai alquran serta menghasilkan qori dan qoriah terbaik untuk dikirimkan pada MTQ tingkat Kecamatan mendatang.

“STQ ini kita adakan untuk memotivasi masyarakat agar giat mengaji, serta menanamkam kepada anak untuk cinta alquran Selain itu, peserta yang juara dari hasil seleksi ini nantinya akan mewakili Desa Belo di tingkat Kecamatan mendatang,” ujar Johan dalam sambutannya.

Sedangkan Anggaran pelaksanaan kegiatan Musaqakah Tilawatil Quran Tingkat Desa, kata Johan bersumber dari anggaran Dana Desa (ADD) sebanyak Rp 30,8 juta yang sudah dipotong PPH dan PPN.

Selain itu, Pj. Kepala Desa Belo Irwan, SE dalam sambutannya mengajak seluruh masyarakat serta pemuda-pemudi agar lebih mencintai Al-Qur’an, serta menghidupkan kembali budaya maghrib mengaji.

Dari data yang diperoleh, kegiatan MTQ diikuti oleh 84 peserta dari beberapa cabang di antaranya, cabang murothal 2 orang, cabang tilawah anak-anak 12 orang, cabang tilawah remaja 6 orang, cabang tilawah dewasa 6 orang dan 21 orang peserta lomba Kaligrafi, Cabang Qiraat 2 orang, Cabang fahmi Quran 5 regu, pencerahan 3 regu, kasida rebana 10 Group.

Pembukan yang berlangsung meriah ini dilakukan oleh Camat Palibelo yang juga diselingi dengan pengukuhan dewan hakam musabaqah tilawatil quraan.

Pada kesempatan tersebut, Camat Palibelo meminta dewan hakam agar memberikan penilaian yang objektif kepada para peserta agar bisa menghasilkan qori dan qoriah terbaik tingkat desa yang akan mewakili Desa Belo pada MTQ tingkat kecamatan.

“Saya berharap para dewan hakam yang dilantik agar memberikan penilain yang objektif kepada seluruh peserta lomba sehingga menghasilkan qori dam qoriah yang berkualitas yang mewakili desa pada MTQ tingkat kecamatan,” harapnya. (WR-Man)