Mobe By TVS, Kendaraan Tiga Roda Penumpang Pertama di Bumi Gora

2924
Mobe kendaraan tiga roda penumpang sedang parkir di depan Kantor Gubernur NTB. Foto: Istimewa.

Mataram, Wartantb.com – Baru-baru ini warga kota Mataram dihebohkan dengan kehadiran kendaraan tiga roda penumpang, berseliweran di Kota Mataram dan sekitarnya. Tak ayal, kehadiran kendaraan tiga roda penumpang di Bumi Gora, Nusa Tenggara Barat tersebut menjadi perbincangan hangat di media sosial. Sudah bisa dipastikan, kendaraan berwarna merah tersebut menjadi kendaraan tiga roda berpenumpang pertama yang menginjakan kaki di Bumi Gora.

Awak media wartantb.com mencoba menelusuri keberadaan pemilik. Setelah berselancar di internet, akhirnya diperoleh identitas pemilik. Wartantb.com berhasil menemui pemilik di kediamannya, di kawasan perumahan Bumi Harapan Permai, Karang Bongkot, Lombok Barat, Selasa (24/10/2017).

Muammar Kaddafi yang akrab disapa Dafi, sang pemilik mengaku membeli kendaraan tersebut melalui PT. Mobe Dwipantara yang berkantor di Bali. Menurut Dafi, Mobe Dwipantara memang khusus memasarkan kendaraan tiga roda merk TVS buatan India untuk wilayah Indonesia Timur. Tak heran jika kendaraan tiga roda merk TVS tersebut lebih dikenal dengan sebutan Mobe.

“Pertama kali Mobe masuk ke Pulau Lombok pada tanggal 17 Oktober 2017 yang lalu. Sejak keluar dari kapal ferry di Pelabuhan Lembar, Mobel langsung menjadi pusat perhtian semua orang. Mungkin karena dianggap unik dan pertama di NTB, makanya cukup heboh,” ungkap Dafi.

Selain bentuknya yang unik, Mobe memiliki spesifikasi yang cukup tangguh. Dengan mesin berkapasitas 200 cc, Mobe mampu melewati berbagai medan. Penggunaan bahan bakar bensin cukup irit. Keunggulan lainnya seperti; mampu melalui jalan tanjakan, tahan banjir, perawatan mudah serta ketersediaan suku cadang yang selalu siap.

“Hari minggu kemarin saya langsung melakukan test drive. Saya bersama istri dan anak-anak saya Al (6) dan Qila (4) jalan-jalan ke Pantai Pandanan, Lombok Utara. Jalan di sana penuh dengan tanjakan dan belokan. Semua dapat dilalui dengan enteng bersama Mobe. Soal ketangguhan sudah saya buktikan sendiri,” kata Dafi.

Keamanan serta kenyamanan pengemudi dan penumpang nampaknya menjadi fokus utama perhatian Mobe. Kendaraan penumpang tiga roda ini memiliki ruang kemudi yang luas dan nyaman, perseneling maju mundur terletak  di kemudi bagian kiri, jok penumpang yang luas, dashboard laiknya mobil serta dilengkapi pintu depan dan belakang di bagian kiri dan kanan.

“Waktu saya mengurus pendaftaran BPKB dan STNK di Korlantas Polda NTB, petugas awalnya kebingungan, apakah akan diberikan blangko mobil atau motor. Namun setelah dipelajari lebih dalam akhirnya masuk kategori kendaraan bermotor. Dari situ saya mendapat penjelasan dari petugas, kendaraan yang saya daftarkan ini adalah jenis kendaraan tiga roda berpenumpang pertama yang masuk di NTB,” ungkap Dafi.

Setelah mengetahui riwayat Mobe, kendaraan tiga roda penumpang pertama yang menginjakan kaki di Bumi Gora dan segala keunggulannya, pertanyaan penting selanjutnya; berapa yah, kira-kira harganya?

Soal harga, Dafi tidak menyebutkan nominal. Namun ia hanya menyebutkan kira-kira sebanding dengan harga dua Honda CBR150R. Harga motor yang dimaksud berkisar Rp 33 juta. Artinya satu Mobe tiga roda berpenumpang sekitar Rp 66 juta. Jika dibandingkan dengan segala keunggulannya, harga ini cukup realistis.

“Kita tidak kehujanan dan kepanasan. Bepergian dengan keluarga pun sangat nyaman. Anak-anak yang masih kecil memiliki fantasi dan keasyikan tersendiri menaiki Mobe. Kalau kita beli 2 motor, kan ndak bisa kita bawa sekaligus dua-duanya untuk angkut satu keluarga, heheheh….” seloroh Dafi mengakhiri perbincangan. [WR]