Misteri Limbah Coklat di Teluk Bima, Inafis Sat Reskrim dan DLH Olah TKP

468

KOTA BIMA, Warta NTB – Polres Bima Kota dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bima langsung melakukan pengecekan dengan adanya fenomena limbah berwarna coklat mirip Jely Foam di perairan teluk Bima NTB.

Hampir seluruh pantai tertutupi limbah dan sudah hampir satu hari berserakan di sekitar bibir pantai Lawata.

Saat pengecekan Polres Bima Kota dipimpin langsung Kapolres Bima Kota AKBP Henry Novika Chandra, diback up langsung Danramil 1608-01 Rasanae Kapten Inf Seninot Sribakti, Kapolsek Rasanae Barat AKP Suhatta, Kasat Binmas AKP Sulaiman, Kasat Intelkam AKP Made Wikerta Yasa.

Kapolres juga memimpin langsung saat melakukan olah TKP yang didampingi Sekda Kota Bima H Mukhtar Landa, Wakapolres Bima Kota Kompol Mujahiddin, Manager PT Pertamina FTM Bima Fery Bayu, Kasat Reskrim Iptu M Rayendra RAP, Kasat PolAir, Ipda Syarifudin, Kapolsek KP3 Laut Bima Ipda M Ridwan, Kadis LH Kota Bima Syarif Rustaman, Kamis (27/4/2022) Pagi.

Kasi Humas Polres Bima Kota Iptu Jufri Rama mengatakan, limbah itu berwarna coklat dan berbusa.

“Sudah satu hari ini limbahnya. Warnanya coklat dan berbusa seperti Jely Foam,” jelasnya.

Menurutnya, jumlah limbah itu sangat banyak, bahkan hingga batas bibir pantai sekitar 40 – 50 meter.

Untuk itu, pihaknya melakukan pengecekan mulai dari pengamatan penyebaran dari udara dengan Drone, pemetaan sisa penyebaran cairan Jely Foam pada pesisir teluk Bima.

Tidak hanya itu, Tim juga melakukan olah TKP oleh Inafis Sat Reskrim Polres Bima Kota bersama Dinas LH dengan mengambil sampel cairan dan melaksanakan uji sampling yang langsung di kirim ke Laboratorium untuk di lakukan pengujian sampling.

“Hasil uji sampel dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Bima, tidak terbakar atau tidak tersulut api,” tutupnya. (RED)