Meriahkan HUT RI, Desa Suranadi Gelar Lomba Presean se-Pulau Lombok

1323
Gelaran Presean ini sendiri akan berlangsung 20 Agustus hingga 3 September 2017.

Giri Menang, Wartantb.com – Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72, Desa Suranadi Kecamatan Narmada menggelar Lomba Presean se-Pulau Lombok.

Lomba ini berlangsung di lapangan umum Desa Suranadi dan dibuka langsung oleh Bupati Lombok Barat (Lobar) H. Fauzan Khalid yang diwakili oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lobar, Hendrayadi sore tadi, Minggu(20/8/2017).

Dalam sambutannya Hendrayadi mengajak warga untuk melestarikan budaya presean yang ada di masyarakat. Selain itu, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata untuk mengagendakan Presean menjadi destinasi wisata.

“Di Narmada kita ada gedung budaya dan kesenian. Kita siapkan perangkatnya sehingga bisa kita sikronkan dengan destinasi wisata. Melalui program kegiatan budaya kita harapkan destinasi wisata menjadi terus bergerak dan berkembang,” katanya.

Sementara itu, Dhasirianto selaku ketua panitia berharap, kegiatan presean ini dapat memupuk rasa persaudaraan dan mengembangkan sportivitas serta terus menghidupkan warisan seni budaya Sasak.

Pertandingan pembuka sore tadi mempertemukan pepadu (petarung) dari Desa Penarukan Kecamatan Gerung berhadapan dengan pepadu Desa Lingsar Kecamatan Lingsar.

Gelaran Presean ini sendiri akan berlangsung 20 Agustus hingga 3 September 2017. (andi/hum)