Menparekraf Anugerahi Desa Maria Sebagai Desa Wisata

274

BIMA, Warta NTB – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Dr. H Sandiaga Salahuddin Uno, B.BA, M.BA, melaksanakan Sosialisasi Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021, di Kecamatan Wawo, Kabupaten Bima, Minggu (13/6/2021).

Tahun 2021 ini, Kemenkeraf menunjuk ‘Uma Lengge’ di Desa Maria sebagai ‘Desa Wisata’. Dan dilakukan Menteri Sandi Uno, dalam rangkaian Kunjungan Kerja (Kunker) beserta rombongan di Kabupaten dan Kota Bima, selama dua hari.

Sosialisasi Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 adalah program Kemenkeraf dengan mengusung tema ‘Desa Wisata Simbol Kebangkitan Ekonomi Nasional’. Ikut dimeriahkan  Youtuber Nasional, Atta Halilintar beserta istri Aurel Hermansyah dan Rigen Rakelna.

Menteri Sandi Uno, beserta rombongan tiba di Bandara Sultan Muhammad Salahuddin (SMS) Bima sekitar pukul 11:15 pagi. Ikut pula dalam rombongan Menperkeraf adalah anggota DPR RI dari Fraksi PAN Dapil NTB, H Muhammad Syafrudin, ST,MM.

Menperkeraf RI, disambut Gubernur NTB Dr Zulkifliemansyah, Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri S.E, Wakil Bupati Bima Drs H Dahlan HM Noer, Sekda Kabupaten Bima Drs H Taufik HAR, M.Si.

Hadir pula Bupati Dompu Abdul Kader Jaelani, Wali Kota Bima HM Lutfi SE, Kapolres Bima, Dandim 1608 dan sejumlah pejabat Kabupaten dan Kota Bima.

Gubernur Bang Zul, tiba lebih awal di Bandara Sultan Muhammad Salahudin, sekitar pukul 8:30 pagi, menggunakan pesawat latih, dari Bandar Udara Sumbawa. Sedangkan Youtuber Atta beserta istri, Aurel, tiba sekitar pukul 9.19 pagi, lebih awal dari rombongan Menperkeraf.

Tiba di Bandara SMS Menteri Sandi Uno, langsung dikenakan songkok dengan selendang khas Bima oleh Bupati Hj. Indah Dhamayanti Putri. Kemudian istrahat sejenak di ruangan VIP Bandara.

Nonton Pacuan Kuda di Panda

Sebelum menuju Desa Maria, Kecamatan Wawo, Menperkeraf beserta rombongan terlebih dahulu menyaksikan pacuan kuda di Desa Panda, sekitar pukul 11:45 pagi.

Kepada Menteri Sandiaga Uno, Bupati Bima menyampaikan bahwa olahraga Pacuan Kuda sangat di cintai masyarakat Kabupaten Bima, Dana Mbojo. Demikian pula, lapangan yang digunakan telah ada sejak zaman dahulu.

Kedatangan Menteri, Youtuber Atta Halilintar beserta istri, Aurel Hermansyah suatu kebanggaan bagi kami dan masyarakat Bima.

Dijelaskan Bupati, Kuda Bima cukup terkenal dan memiliki ciri khas tersendiri. Bahkan Bima juga dikenal dengan produksi  susu kuda liarnya.

‘’Terima kasih telah berkunjung di pulau Sumbawa NTB dan dukungan Kementerian Pariwisata,’’ ujar Bupati.

Sementar itu, untuk mendukung Pariwisata di Bima, Menteri Sandi berjanji akan mengalokasikan anggaran. Untuk pembangunan secara permanen arena pacuan kuda di Desa Panda. Kata Menteri Sandi Uno, Pariwisata di Bima harus maju dan setara dengan daerah-daerah lain.

Resmikan Desa Wisata Budaya

Menteri Sandi Uno, tiba di Uma Lengge, Desa Maria, sekitar pukul 14.00 wita, usai menunaikan Ishoma di Pasanggrahan Wawo. Masyarakat tumpah ruah memakai rimpu dari tenun khas Bima, disepanjang jalan menuju kompleks Uma Lengge.

Memasuki Kompleks Uma Lengge, Menteri Sandiaga Uno disambut tarian ‘Wura Bongi Monca’. Dan pengalungan selendang tenun khas Bima oleh Ma Ka Tua Ra Humpa. Juga disambut dengan atraksi tari ‘Ntumbu Tuta’ dari Sanggar Seni dan Budaya ‘Diha Timbo’.

Sebelum menandatangani Prasasti Desa Wisata, Menteri meninjau stand ekonomi kreatif yang ada dalam Kompleks Uma Lengge dan ikut bersama ibu-ibu memainkan alat musik tradisional Bima ’Kareku Kandei’.

Bupati Umi Dinda berharap hadirnya Menteri Sandi Uno bisa membangkitkan Pariwisata di Bima. Karena, kata Bupati, tidak lama lagi akan digelar event internasional MotoGP di Mandalika, Lombok.

‘’Semoga bisa menumbuhkan Pariwisata di daerah kita; Dana Mbojo,’’ujar Bupati.

Selain itu, Kabupaten Bima, juga berbatasan langsung dengan Labuhan Bajo di sebelah timur.

Kita berharap, wisatawan sebelum menuju Labuhan Bajo bisa mampir dan menikmati destinasi wisata di Bima.

Adanya perhatian dari Pemerintah Pusat, melalui Menperkeraf untuk memajukan dan mengembangkan Pariwisata dan Ekonomi kreatif yang potensial, sangat diharapkan.

Dijelaskan Bupati Umi Dinda, Indonesia masih dilanda pandemi Covid- 19. Tentu berdampak terhambatnya pergerakan Ekonomi masyarakat. Sentuhan Pemerintah pusat dapat memulihkan ekonomi di daerah.

Sementara itu Menteri Sandi mengatakan, Pariwisata NTB terus berbenah agar tidak ketinggalan dari daerah lain. Demikian pula Kabupaten Bima, akan bersaing dengan daerah tujuan wisata lainya di Indonesia.

Menurut Sandi Uno, Uma Lengge merupakan bangunan tradisional suku Mbojo masuk wilayah Kecamatan Wawo. Berbentuk kerucut di bagian atap. Dulu digunakan sebagai tempat tinggal, sebagian juga digunakan sebagai lumbung padi.

‘’Kami akan melakukan pendampingan agar obyek wisata ini tumbuh dan menjadi destinasi wisata baru di Indonesia,’’ujar Menteri.

Menurut Sandi Uno, daya tarik wisata budaya Uma Lengge sangat langka. Bernilai sejarah tinggi karena menjadi situs warisan budaya para leluhur suku Mbojo. Memiliki keunikan tinggi dalam industri pariwisata.

Pendampingan, kata Sandi Uno, akan dilakukan seluruh aspek yang diperlukan oleh desa wisata. Dengan penyusunan rencana pembangunan desa wisata. Dilanjutkan dengan pembangunan Sumber Daya Manusia.

Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan warga Desa Wisata. Kemudian pendampingan institusi desa wisata serta pembangunan fisik atau infrastruktur dengan melibatkan Kementerian dan lembaga-lembaga terkait.

Kembangkitan pariwisata, Kata Menparekraf, dimulai dari desa wisata. Nantinya menjadi tonggak kebangkitan ekonomi.

‘’Kita ingin desa wisata hadir membuka peluang ekonomi, lapangan kertja dan lapangan usaha seluas-luasnya, untuk meningkatkan ekonomi rakyat,’’tambahnya.

Menteri Sandi mengaku, banyak hal yang belum disentuh oleh program Nasional. Dan program Desa Wisata ini merupakan program yang berkeadilan dan tepat sasaran.

Diharapkan, program Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 ini wisatawan yang berkunjung di Uma Lengge, Desa Maria, Wawo, dapat meningkat dan mampu tumbuh dengan baik. Seperti Desa Wisata di daerah lain.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi kreatif RI, pada kesempatan tersebut juga meresmikan Lapak Ekonomi Kreatif yang dikelola oleh Bumdes Maria Maju. (WR-02)