Menkopolhukam dan Mensos RI Tinjau Kesiapan Sarana Pendukung Pasca Gempa

629

Mataram, Warta NTB – Menkopulhukam Jenderal TNI (Purn) Wiranto SH bersama Menteri Sosial Dr. Idrus Marham, Selasa (7/8/2018) meninjau langsung kesiapan satuan pendukung penanggulangan bencana alam, pasca gempa dengan kekuatan 7,0 SR yang kembali mengguncang Pulau Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (5/8/2018) lalu.

Dalam kunjunganya Menkopolhukam dan Mensos meninjau kesiapan Dapur umum Denbekang Mataram dan Tenda Rumah Sakit Lapangan Divisi 2 Kostrad yang berada di Lapangan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara.

Turut hadir mendampingi Menteri, Kasum TNI Laksama Madya TNI Dr. Didit Herdiawan M.PA M.B.A, Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto S.IP, Danrem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani S.Sos SH M.Han, Sekda Provinsi NTB, Bupati KLU, Kepala Operasional Basarnas, Kadis Sosial Provinsi NTB, Dandim 1606/Lobar dan Kapolres KLU.

Pada kesempatan tersebut, Menkopulhukam Wiranto mengimbau masyarakat agar tidak mendiami bangunan atau rumah yang rawan runtuh, lebih baik untuk sementara waktu memasang tenda diluar rumah sebagai langkah preventif yang bagus.

“Kita akan mendukung dengan mensuplay makanan dan minuman kepada para pengungsi,” tegasnya.

Selain itu, Wiranto juga mengungkap rasa syukur atas kehadiran Menteri Sosial di lokasi bencana. “Saya bersyukur Menteri Sosial sudah datang membawa bekal untuk masyarakat baik yang meninggal maupun yang luka-luka,” ungkapnya.

“Logistik mentah maupun matang sudah disiapkan oleh Kasum TNI melalaui dapur umum miliknya,” jelas Wiranto.

Menurutnya, penanganan pasca bencana sudah sangat cepat karena di hari kedua pasca gempa susulan, sudah digelar berbagai fasilitas yang memudahkan dan meringankan penderitaan para pengungsi. (WR)