Menengok Kegiatan Humanis di Operasi Simpatik Sat Lantas Polres Bima

1242

Bima, wartantb.com – Satuan Lalulintas (Sat Lantas) Polres Bima menggelar Operasi Simpatik Gatarin 2017. Operasi ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kesadaran dan kedisiplinan masyarakat dalam berlalulintas.

Dalam rangkaian operasi simpatik gatarin 2017, Sat Lantas Polres Bima juga melakukan kegiatan humanis (kemanusiaan) dengan memberikan paket sembako kepada anak yatim yang dilaksanakan, Jumat (17/3/2017).

Kegiatan dipimpin langsung Kasat Lantas dengan sosialisasi dan penyerahan paket sembako kepada 30 anak yatim di yayasan panti asuhan Al Hidayah Desa Talabiu, Kecamatan Woha, Kabupaten Bima yang dilanjutkan dengan shalat Jumat di Masjid Talabiu.

Kasat Lantas Polres Bima, Iptu Putu Gde Caka Sik mengatakan, kegiatan berbagi dilaksanakan dalam rangkaian kegiatan bhakti sosial Operasi Simpatik Gatarin tahun 2017, diharapkan bantuan yang diberikan dapat meringankan beban anak-anak.

“Anak-anak merupakan masa depan bangsa, mari kita jaga dan kita ajarkan tentang pentingnya tata tertib beralulintas sejak usia dini sehingga kedepan masyarakat Bima akan lebih tertib dalam berlalu lintas,” ujarnya.

Dia juga menjelaskan Operasi simpatik gatarin 2017 dilaksanakan selama 21 hari, mulai tanggal 1-21 Maret 2017 dengan sasaran pelanggaran lalulintas yang dapat menyebabkan kecelakaan seperti melawan arus dan pelanggaran rambu-rambu lalulintas.

Selain itu, operasi ini juga lebih mengedepankan edukasi dengan memberikan pendidikan kepada masyarakat tentang tata tertib berlalulintas sehingga menciptakan Keamanan, Keselamatan, Ketertiban dan Kelancaran Lalu Lintas (Kamseltibcarantas) seperti tema yang diusung dalam operasi tahun ini.

Sebagai upaya untuk meningkatkan simpatik masyarakat terhadap polisi lalulintas dalam operasi ini, Sat Lantas Polres Bima menerjunkan polwan cantik untuk mengingatkan pengendara tentang pentingnya tertib lalulitas dan menyerahkan bunga kepada pengendara yang taat aturan.

“Bagi pengendara yang patuh diberikan bungan dan pengendara yang belum patuh diberikan lembaran blanko teguran,”  jelasnya.

Putu menambahkan, Operasi Simpatik Gatarin 2017 digelar di beberapa titik di Kabupaten Bima seperti di depan Polres Bima, depan bandara Sultan Muhammad Salahuddin Bima, Perempatan Talabiu dan Terminal Tente.

“Operasi kita gelar tiap hari sejak tanggal 1 Maret dan akan berakhir hari Selasa tanggal 21 Maret. Acara penutupan akan dilaksankan di Mapolres Bima,” tandasnya.

Masih dalan rangkaian kegiatan yang sama sehari sebelumnya, Kamis (16/3/2017) Sat Lantas Polres Bima juga melakukan silaturrahmi dengan tukang ojek di terminal tente untuk mengingatkan pentingnya keselamatan lalu lintas dengan harapan ojek dapat menjadi contoh pelopor keselamatan berlalu lintas.

Pada kesempata itu, Kasat memberikan himbauan kepada tukang ojek agar setiap ojek minimal mempunyai 2 helm, baik untuk pengendara ojek maupun penumpangnya. Kegiatan ini diakhiri dengan pembagian nasi gratis dan makan siang bersama. (WR-03)