Maksimalkan Peran Posyandu, Puskesmas Monta Lakukan Refreshing Kader

364

BIMA, Warta NTB – Guna memaksimalkan peran posyandu, Puskesmas Monta, Kabupaten Bima melakukan kegiatan refreshing terhadap 32 kader di Tujuh Desa bagian selatan Kecamatan Monta, Senin (26/9/2022).

Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Puskesmas setempat yang dihadiri oleh seluruh kader dengan perwakilan 2 orang  per 16 Pos.

Kepala Puskesmas Monta H. Abdul Salam, S.Kep mengatakan, kader Posyandu sebagai penggerak utama di lapangan dan harus mampu membangun sinergitas dengan sesama kader bahkan pihak terkait lainnya.

“Jadi Kader-kader Posyandu diharapkan mampu memaksimalkan peran serta melakukan tansfer pengetahuan kepada masyarakat terkait dengan program-program pemerintah,” ujarnya.

Untuk itu Tambah Salam, Puskesmas melakukan kegiatan refreshing dikarnakan banyak dari kader Posyandu yang belum bisa melakukan secara maksimal kegiatan Posyandu seperti layanan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), Keluarga Berencana (KB), imunisasi bayi dan Balita, peningkatan gizi, dan penanggulangan tentang kusta.

Oleh karena itu kader harus disupport ilmu pengetahuan terus-menerus, mengingat sasaran dari Posyandu adalah bayi, Balita, ibu hamil, ibu menyusui, wanita usia subur dan pasangan usia subur.

Kepala PKM juga meminta para Kader Posyandu untuk bisa berinovasi seperti berimprovisasi dengan hal-hal kekinian.

“Inovasi harus muncul dari para Kader. Lihat apa hal-hal yang bisa menarik perhatian ibu dan anak. Pokoknya dibuat sesuatu agar Posyandu kita lebih semangat,” terangnya.

Jadi Sambung Salam, ada beberapa materi yang dijelaskan saat kegiatan ini yakni mulai dari peran hingga fungsi kader Posyandu.

“Saya berharap para kader posyandu bisa melakukan pengukuran termasuk penimbangan bayi dan Balita stunting secara akurat serta mengenai Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS),” harapnya. (RED)