Longsor Kembali Terjadi di Dompu, Pengguna Jalan Diingatkan Tetap Waspada

1290
Personel Polsek Hu’u dan Pajo memantau kondisi longsor di jalan lintas Kecamatan Hu'u – Pajo, Jumat (5/2/2021).

DOMPU, Warta NTB – Bencana tanah longsor kembali terjadi di Kabupaten Dompu, kali ini berlokasi di jalan lintas Kecamatan Hu’u – Pajo tepatnya di perbatasan antara Kecamatan Huu dan Pajo, Dusun Soroadu, Desa Jambu, Kecamatan Pajo.

Peristiwa yang terjadi sekitar pukul 13.10 Wita, Jumat (5/2/2021) siang mengakibatkan jalan lintas Kecamatan Hu’u-Pajo sempat macet dan tidak bisa dilalui oleh kendaraan, akibat longsoran tanah dan batu yang menutup badan jalan.

Kapolsek Hu’u Ipda M. Nor Kurniawan yang mengetahui kejadian itu bersama personelnya langsung turun ke lokasi untuk memantau dan menyingkirkan batu-batu kecil yang menutup badan jalan.

“Mendapat informasi adanya tanah longsor, pihak kami langsung turun ke TKP memantau lokasi dan mengatur arus lalu lintas,” katanya.

Ipda M. Nor mengakui akibat musibah itu beberapa kendaraan sempat macet karena tidak bisa melalui jalan akibat tertutup tanah longsor dan batu-batu besar.

“Iya lalu lintas sempat macet sehingga anggota kami berusaha memindahkan beberapa batu yang bisa diangkat sehingga jalan bisa dilalui oleh kendaraan kecil,” ujarnya.

Oleh karena pihaknya bersama Kapolsek Pajo Ipda Abdul Malik, SH saat ini sudah berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum untuk membatu menurunkan alat berat agar bisa menyingkirkan batu-batu besar yang menutup badan jalan.

“Kami bersama Kapolsek Pajo sudah berkoordinasi dengan Dinas PU untuk segera mengambil langkah solutif terkait peristiwa ini,” tuturnya.

Terhadap peristiwa tanah longsor yang sering terjadi, Kapolsek Hu’u mengimbau masyarakat lebih khusus pengguna jalan agar tetap berhati-hati melintas di jalan terutama saat turun hujan dan usai turun hujan.

“Mengingat rawan terjadinya longsor, kami mengimbau kepada masyarakat dan pengguna jalan agar saat ini lebih berhati-hati saat melintas di lokasi-lokasi jalan yang memiliki tebing yang rawan longsor,” imbaunya. (WR-Al)