Lingsar Wakili NTB Lomba Desa Tingkat Nasional

914
Dalam sambutan mewakili Pemkab Lobar, Ir. H. Moh.Taufiq M.Sc menyatakan bahwa Desa Lingsar sangat pantas dipilih mewakili Kabupaten dan Provinsi karena desa ini adalah salah satu desa yang memiliki kesiapan dan kecamatan Lingsar sendiri meraih banyak prestasi.

Giri Menang, Wartantb.com – Bupati Kabupaten Lombok Barat (Lobar) H. Fauzan Khalid diwakili oleh Sekda H. Moh. Taufiq dan Ketua TP-PKK Lobar Hj. Khaeratun Fauzan Khalid menyambut kedatangan Tim Penilai Lomba Desa Terintegrasi Tingkat Nasional Regional IV tahun 2017 di pelataran Kantor Desa Lingsar.

Bersama masyarakat setempat dan dengan penyambutan yang meriah, mereka dengan penuh antusias menyambut tim penilai yang akan memverifikasi Juara Satu Lomba yang sama tingkat Provinsi NTB ini dan bertempat di Bencingah Desa Lingsar Kec. Lingsar Kab. Lobar, Kamis (13/7/2017).

Hadir selain Taufiq dan Khaeratun, Anggota DPRD NTB dan DPRD Kab. Lobar, Tim Penilai, beberapa Kepala SKPD Lingkup Prov. NTB, SKPD Lobar, TP. PKK Kab.Lombok Barat, Kepala Desa se Kecamatan Lingsar, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat ratusan masyarakat yang disuguhkan aneka atraksi dan kesenian daerah.

Dalam sambutan mewakili Pemkab Lobar, Ir. H. Moh.Taufiq M.Sc menyatakan bahwa Desa Lingsar sangat pantas dipilih mewakili Kabupaten dan Provinsi karena desa ini adalah salah satu desa yang memiliki kesiapan dan kecamatan Lingsar sendiri meraih banyak prestasi.

“Desa ini sering dijadikan ajang study banding, baik oleh Kabupaten lain bahkan Thailand, Korea, dan Philipina pun pernah datang belajar ke desa ini,” ujar Taufiq sumringah dengan menerangkan lagi bahwa Desa Lingsar ini siap menang di level nasional secara bermartabat.

Agar tim penilai yang beranggotakan paling sedikit 8 orang ini memiliki pengetahuan mendalam tentang desa yang dinilainya, Kepala Desa Lingsar H. ABDUL HADI, SE pun memaparkan profil desa dan beberapa terobosan program pembangunan yang ia kerjakan di 3 tahun terakhir.

“Kami telah memanfaatkan aneka lembaga untuk menghimpun partisipasi masyarakat dalam pembangunan. Bahkan melalui radio komunitas, kami menyiapkan acara dialog 1 jam setiap hari untuk sharing informasi dengan masyarakat,” ujar Kepala Desa ini meyakinkan.

Ketua Tim Penilai Regional IV, Gunawan Aji Putranto, SE pun sangat terkesan atas sambutan yang diberikan warga Lingsar. Di tengah sambutannya, Gunawan dengan terbuka menyatakan kekagumannya atas profil desa yang akan dinilainya.

“Desa Lingsar ini masuk dalam 5 terbaik di Regional IV yang membawahi Provinsi NTB, NTT, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat,” pungkasnya dengan menyajikan kriteria penilaian yang akan diverifikasi oleh timnya.

Dirinya pun menerangkan bahwa lomba desa ini merupakan program tahunan pemerintah pusat yg bertujuan untuk memotivasi warga dalam membangun desanya. Tahapan penilaian lomba desa ini akan lebih memfokuskan pada administrasi pelayanan dan program pembangunan dasar lainnya.

Ia berharap desa ini mampu melewati tahapan penilaian dengan baik sehingga terpilih nantinya untuk tampil menjadi desa yg terbaik di kawasan regional IV. [WR/H]