Lindungi Warga Dari Covid-19, Pemdes Bre Bagikan 500 Masker Gratis

1004
Kegiatan pembagian masker yang dilakukan Pemerintah Desa Bre, Kecamatan Palibelo, Kabupaten Bima, Selasa (5/5/2020).

BIMA, Warta NTB – Berbagai upaya dilakukan pemerintah untuk melindungi masyarakat dari penyebaran Virus Corona (Covid-19), upaya ini tidak hanya dilakukan oleh perintah pusat, tetapi juga pemerintah desa. Seperti kegiatan pembagian masker yang dilakukan Pemerintah Desa Bre, Kecamatan Palibelo,  Kabupaten Bima, Selasa, (5/5/2020).

Jika dibanding desa-desa lain pemerintah Desa Bre terlihat lebih gencar  melakukan upaya pencegahan corona. Beberapa kegiatan lain yang  telah dilakukan di antaranya penyemprotan disinfektan, pemasangan tempat  cuci tangan di tempat umum dan sosialisasi serta memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pola hidup bersih dan sehat.

Kepala Desa Bre H. Ruslan, H. M. Ali mengatakan pembagian 500 masker ini dilakukan dengan cara “door to door” kepada masyarakat. Tak hanya membagikan masker, pihaknya bersama bidan desa, BPD, perangkat desa, Babinsa dan Bhabinkamtibmas memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat terkait Covid-19, dan menghimbau masyarakat agar mengenakan masker saat keluar rumah.

Kades mengaku, selain memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat pihaknya juga sudah menyediakan tempat cuci tangan plus sabun di beberapa titik di wilayah desa seperti di balai desa, pos ronda, masjid, mushala, dan beberapa tempat umum lainya.

Upaya-upaya ini diharapkan dapat mencegah penyebaran Covid-19 di tengah masyarakat. Semoga warga kita dijauhkan dari penyebaran corona,” harapnya.

Kepala desa juga menyampaikan imbauan agar masyarakat yang baru datang di desa agar melaporkan diri ke Tim Relawan Gugus Tugas Covid-19 tingkat desa yang telah dibentuk, selain itu juga bisa melaporkan diri kepada ketua RT, RW atau Kepala Dusun di lingkungan masing-masing.

“Bagi warga yang baru masuk ke desa agar melapor diri ke pihak-pihak yang telah ditentukan dan untuk sementara selama masa pandemi Covid-19 masyarakat diimbau agar tidak melakukan perjalanan keluar daerah dulu selama tidak ada kepentingan yang begitu mendesak,” pesannya.

Sementara salah satu warga setempat, Sahbudin menyampaikan terima kasih kepada Pemeritah Desa Bre yang telah membagikan masker gratis serta memberikan edukasi kepada masyarakat tentang cara pencegahan terhadap penyebaran Covid-19.

“Kami melihat upaya Pemerintah Desa Bre cukup maksimal dalam pencegahan penyebaran virus corona dan kami atas nama masyarakat menyampaikan ucapan terima kasih. Semoga desa kami dijauhkan dari virus corona,” harapnya. (WR-Man)