Lindungi Sumber Mata Air, Pramuka Ambalan La Ka’i Gelar Penghijauan

1627

Bima, Wartantb.com – Gugus Depan (Gudep) Paramuka Ambalan La Ka’i SMAN 1 Monta Kabupaten Bima melakukan penghijauan dengan menanam pohon di sekitar lingkungan sekolah, Sabtu (25/2/2017).

Kegiatan yang dilaksanakan mulai jam 8.00 Wita diikuti oleh 17 orang anggota pramuka di bawah bimbingan 2 orang pembina pramuka.

Pembina pramuka SMAN 1 Monta, Awaludin S.Pd menjelaskan, kegiatan diawali dengan pencarian bibit kayu di sekitar wilayah hutan di dekat lokasi sekolah.

“Sedikitnya ada empat jenis pohon yang diambil termasuk salah satunya pohon beringin dan masing-masing anggota membawa dua pohon yang kemudian di tanam di lingkungan sekolah,” katanya.

Penanaman pohon dilakukan dalam mendukung program Go Green yang dirancang sekolah. Letak sekolah yang berada di atas bukit jadi diperlukan penghijauan.

Sebelumnya lokasi ini sangat gersang, namun sejak dipimpin kepala sekolah yang baru Nurul Mubin, S.S M.Pd  penataan pun mulai dilakukan dengan menata taman dan menanam pohon di sekitar lokasi sekolah dan pinggir pagar sekolah.

“Penghijau didukung penuh oleh sekolah dan diapresiasi oleh siswa terutama gerakan Pramuka ambalan La Kai yang melaksanakan kegiatan hari ini,” jelasnya.

Dengan cara ini memberikan nilai positif kepada anggota pramuka agar memiliki rasa kepedulian terhadap kerusakan alam dan lingkungan yang kian marak akhir-akhir ini.

“Kegiatan ini juga dilakukan untuk melindungi sumber mata air yang ada di lingkungan sekolah dan hutan sekitar lingkungan sekolah,” tambahnya.

Arif salah satu pradana pramuka  ambalan La Ka’i SMAN 1 Monta mengatakan, usai mengambil bibit, penanaman pohon dilakukan secara simbolis oleh kepala sekolah.

“Kepala sekolah sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh ambalan La Ka’i hari ini dan penanaman pun dilakukan secara simbolis oleh kepala sekolah,” katanya.

Kepala Sekolah, Nurul Mubin S.S M.Pd menyampaika rasa bangga kepada para siswa dan siswi di SMAN 1 Monta yang telah merancang dan melaksanakan berbagai kegiatan positif untuk menduduk kemajuan sekolah.

“Saya merasa bangga atas apa yang dilakukan oleh siswa-siwi SMAN 1 Monta  yang telah melaksanakan berbagai kegiatan positif untuk kemajuan sekolah,” ucapnya. (WR-03)