Lindungi Mata Air dan Jaga Kelestarian Hutan, Bhabinkamtibmas Kadindi Tanam 1.000 Pohon

972
Aksi penghijauan yang dilakukan Bhabinkamtibmas Desa Kadindi, Kecamatan Pekat, Kabupaten Dompu Brigadir Aan Fiansyah, Minggu (8/11/2020).

DOMPU, Warta NTB – Bhabinkamtibmas Desa Kadindi, Kecamatan Pekat, Kabupaten Dompu Brigadir Aan Fiansyah melakukan langkah inovatif dengan melakukan penghijauan penanaman 1.000 pohon mahoni di sekitar hutan Desa Kadindi Atas, Kecamatan Pekat.

Kegiatan penghijauan yang dilakukan Minggu (8/11/2020) pagi melibatkan pemerintah desa dengan menggandeng organisasi kepemudaan seperti Saka Bhayangkara dan kelompok pemuda peduli lingkungan serta Dinas Tata Kelola Air Kecamatan Pekat.

“Kegiatan tersebut bertujuan untuk menghijaukan kembali hutan yang semakin lama semakin minim pohon dan kayu, kalau tidak sekarang kapan lagi,” tuturnya.

Brigadir Aan mengatakan, kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian kita terhadap lingkungan dan untuk menjaga kelestarian alam dan kelangsungan hidup masyarakat.

“Maka wajib menjaga kelestarian hutan untuk mempertahankan sumber mata air di wilayah Kecamatan Pekat, semoga kedepan masyarakat lebih peduli menjaga kelestarian alam bukan hanya merusak,” harapnya.

“Kemarin kita telah menanam 1000 pohon bibit mahoni, kami sengaja memilih mahoni karena struktur dan karakter yang kuat bertahan di kala kemarau dan kayunya ke depan bisa di manfaatkan Masyarakat untuk perumahan dan dalam peningkatan ekonomi,” Bebernya.

Sementara Kades Kadindi Doriwanto, A.Md, mengatakan, sebetulnya kegiatan ini telah lama di rencanakan bersama Bhabinkamtibmas karena melihat kondisi dan keadaan masyarakat yang perlu dimotivasi dalam usaha menjaga lingkungan, kelestarian alam dan sumber mata air demi kehidupan masyarakat di masa depan.

“Saya mengapresiasi dan berterima kasih kepada Bhabinkamtibmas yang telah menginisiasi kegiatan tersebut bersama Saka Bhayangkara serta Kelompok Kepemudaan cinta lingkungan yang selama ini menjadi binaan,” (WR-02)