Lima Calon Kades Belo Sampaikan Visi Misi

567
Penyampaian visi misi Calon Kades Belo yang digelar di halaman Kantor Desa setempat, Rabu, (4/12/2019) pagi.

BIMA, Warta NTB – Menjelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Bima, sebanyak lima orang calon Kepala Desa Belo Kecamatan Palibelo menyampaikan visi dan misi di halaman Kantor Desa, Rabu, (4/12/2019) pagi.

Penyampaian visi dan misi para calon Kades ini dihadiri unsur Pimpinan Kecamatan Palibelo seperti Camat Palibelo Drs. Darwis, Pj. Kepala Desa Belo Irwan SE, Kasubsektor Palibelo Ipda Sumardin, Danposramil Pelda Hamdon, BPD, LPM, Panitia Pilkades, Tokoh Masyarakat dan pemuda serta ratusan masyarakat tempatan yang sengaja hadir untuk mendengarkan program dan visi misi para calon Kades.

Camat Palibelo Drs. Darwis dalam sambutannya mengatakan, kegiatan visi misi adalah salah satu rangkaian dalam pelaksanaan pemilihan kepala desa secara serentak dan bergelombang tahun 2019. Kegiatan visi misi bermanfaat untuk menggali potensi desa dan program yang akan dilaksanakan oleh kepala desa terpilih nantinya dan diinplementasikan dalam RPJMDes baik jangka pendek, menengah dan jangka panjang.

“Saya berharap kepada keamanan dan pendukung masing-masing calon untuk sama-sama menjaga keamanan dan ketertibaan dalam pemilihan kepala desa nantinya,” pesannya.

Ketua Panitia Pilkades Sumantri Dj. SH mengatakan, penyampaian visi dan misi Cakades dilakukan melalui dialog monologis hari ini merupakan tahapan Pilkades yang diatur sesuai Perda tentang Pilkades.

“Tahapan demi tahapan Pilkades di Desa Belo sudah dilalui sesuai aturan. Kepada kandidat hendaknya bersikap bijak dan tetap menjaga kondusifitas sebagai wujud demokrasi yang sehat di desa ini. Kami juga mengajak kepada seluruh calon dan pendukung agar dapat berlapang dada untuk menerima apa pun hasilnya nanti,” harap Sumantri.

Sementara BPD Desa Belo, Kisman, menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada panitia yang telah bekerja keras demi kelancaran tahapan Pilkades ini. “Mari bersama- sama mengawal Pilkades ini agar berjalan aman, damai dan lancar,” ajaknya.

Kisman juga membacakan tahapan-tahapan kegiatan penyampaian visi misi di hadapan para calon, yang pertama adalah pembacaan visi misi, pemberian dokumen kepada BPD yang dilanjtkan dengan seksi tanya jawab.

“Dari ketiga tahapan tersebut akan diadakan bentuk pertanyaan, yang pertama adalah pertanyaan dari anggota BPD, pertanyaan berbentuk undian, pertanyaan dari masyarakat, dari ketiga seksi pertanyaan tersebut tidak terlepas dari visi misi para calon kades,” jelasnya.

Untuk itu BPD beserta Panitia pilkades memberikan pertanyaan yang ada dalam amplop yang sudah disediakan oleh Panitia dan di buka oleh para calon dan dijawab langsung oleh calon itu sendiri secara merata.

Pertanyaan tersebut tidak jauh dari seputar pengelolaan pemerintah desa seperti tentang keuangan desa, transparansi dan swakelolah. Dari beberapa pertanyaan tersebut langsung ditanggapi dan dijawab oleh perwakilan calon kades.

Salah satu calon Kades nomor urut 4, Ahmad Fansuri kepada wartawan menyampaikan sangat mengapresiasi pelaksanaan kegiatan penyampaian visi misi yang dilakukan oleh panitia dan BPD. Melalui pertanyaan-pertanyaan yang diajukan akan dijawab oleh para Calon Kades.

“Kegiatan ini bermanfaat untuk menggali potensi dan kemampuan para calon Kades sehingga dapat dinilai oleh masyarakat untuk mendentukan hak pilihnya pada tangga 16 Desember mendatang,” katanya. (WR-Man)