Lestarikan Hutan, Alumni SMPN 1 Palibelo Lakukan Penghijauan di Desa Ragi

570
Kegiatan penghijauan yang dilakukan alumni SMPN 1 Palibelo di Desa Ragi, Kecamatan Palibelo, Rabu (25/12/2019).

BIMA, Warta NTB – Sebagai upaya untuk mencegah kerusakan hutan serta melindungi mata air di sekitar Dam Ragi sejumlah alumni SMPN 1 Palibelo, Kacamatan Palibelo, Kabupaten Bima, Rabu (23/12/2019) melakukan penghijauan dan penanaman pohoh di sekitar Dam Ragi, Desa Ragi.

Gerakan membangun kesadaran kolektif melindungi kerusakan hutan ini melibatkan berbagai unsur di antaranya Pemdes Ragi, Pemdes Tonggorisa, KUPT Pendidikan, Puskesmas Palibelo, Kades Teke, Upt Poskeswan, Brigader BKPRMI Kabupaten Bima, Komunitas Jao Bima, Sahabat Pulau Indonesia Chapter Bima, Pramuka SMPN 1 Palibelo, para Babinsa dan Relawan Inspirasi Rumah Zakat.

Kepala Desa Ragi Ibrahim, S.Pdi dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada keluarga alumni SMPN 1 Palibelo yang sudah menginisiasi kegiatan penanaman pohon di Desa Ragi.

“Terimakasih telah melakukan kegiatan penanaman pohon di Desa Ragi, semoga pohon yang ditanam nanti bisa tumbuh sehingga menjadi penyanggah mata air dan melindungi kita dari bahaya banjir,” katanya.

Sementara ketua alumni SMPN 1 Palibelo angkatan  2001, M. Ihkwanul Faturrahman, SH mengatakan, awal dari rencana penanaman itu, dari harapan dari ibu-ibu alumni, sehingga harapan itu kami realisasikan hari ini.

“Semoga dengan ikhtiar penanaman pohon yang dilakukan oleh berbagai pihak yang terlibat hari ini tercatat sebagai amal ibadah,” harapnya.

Selain itu, Alumni yang juga merupakan Kasi Intel Kejaksaan Negeri Raba Bima ini menyampaikan ucapan terimaksih kepada berbagai pihak yang ikut terlibat.

“Kami juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh peserta penghijauan dan kami mememohon maaf apabila dalam kegiatan ada hal-hal yang tidak berkenan,” ucapnya.

Di tempata yang sama Camat Palibelo Drs. Darwis dalam sambutannya mengimbau masyarakat Desa Ragi agar dapat menjaga dan merawat hutan serta mejaga pohon yang telah ditanam dalam penghijauan tersebut.

“Kepada adik-adik alumni selaku pemerintah kecamatan kami menyampaiakn ucapan terimaksih semoga kegiatan ini bisa menjadi contoh yang baik dan akan tetap berlanjut untuk tahun-tahun berikutnya dengan lokasi yang berbeda,” harapnya.

Kegiatan panghijauan dengan  tema “Selamatkan Bumi Demi Anak Cucu” ini juga terlaksana atas kerjasama alumni dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bima yang menyumbangkan 1.000 pohon dengan berbagai jenis seperti pohon mahuni, beringin, asam, nangka dan berbagai jenis pohon lainnya. (WR-Man)