KPU Provinsi NTB Gelar Rakor Kesiapan Pemungutan Suara

943

Mataram, Warta NTB – KPU Provinsi NTB memantapkan persiapan pemungutan suara pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB tahun 2018 dengan menggelar Rakor Kesiapan Pemungutan suara mulai tanggal 6-8 Juni 2018 di Mataram.

Rakor dilaksanakan untuk mengeliminasi peluang-peluang terjadinya hambatan yang dapat mengganggu jalan pemungutan suara pilkada.

Karena itu, berbagai materi dibahas dalam forum ini. Pertama, masalah etik penyelenggara pemilu dengan menghadirkan narasumber mantan anggota Dewan Kehormatan Penyelanggara Pemilu (DKPP) Nur Hidayat Sardini. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman bagi penyelenggara pemilu di NTB agar dapat melaksanakan tugasnya secara adil, tidak memihak, profesional dan berintegritas.

Kedua, Materi tentang Pengalaman penyelenggaraan pemilu/pilkada yang berkualitas, menghadirkan narasumber mantan anggota KPU Ferry Kurnia Rizkiyansyah. Ini dimaksudkan untuk memberikan motivasi bagi penyelenggara pemilu agar mampu mengoptimalkan berbagai sumberdaya dan upaya yang positif untuk suksesnya penyelenggaraan Pilgub NTB 2018.

Ketiga, materi tentang dukungan dan fasilitasi pemerintah daerah dalam mensukseskan Pilgub NTB 2018, dengan menghadirkan Kepala Bakesbangpol Provinsi NTB. Hal ini dimaksudkan guna menegaskan bahwa pemerintah daerah juga bertanggungjawab terhadap suksesnya Pilgub NTB 2018, karenanya dukungan dan fasilitasi ini harus dikoordinasikan dan dioptimalkan dengan sebaik-baiknya.

Keempat, materi tentang potensi kerawanan dalam pelaksanaan Pilgub NTB 2018, dengan menghadirkan Kapolda NTB yang diwakili Karo Ops. Ini dimaksudkan agar penyelenggara pemilu benar-benar dapat memastikan bahwa proses dan tahapan pilkada telah dilaksanakan dengan benar, sehingga potensi kerawanan dapat dieliminir.

Kelima, evaluasi seluruh tahapan menuju pemungutan suara, yang dibahas oleh komisioner KPU Provinsi NTB. Berbagai hal dibahas dalam sesi ini antara lain pembentukan badan adhoc KPPS termasuk pelaksanaan bimteknya, strategi sosialisasi, data Pemilih, sortir dan distribusi logistik, dan lain-lain. (WR)