KPU Kabupaten Bima Lantik 573 Anggota PPS Terpilih Pada Pemilu 2024

203

BIMA, Warta NTB – Setelah dilakukan perekrutan beberapa waktu yang lalu akhirnya Komisi Pemilihan Umum KPU Kabupaten Bima melantik sebanyak 573 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) terpilih di 191 Se-Kabupaten Bima.

Pelantikan yang berlangsung di GOR Panda Bima, Selasa (24/1/2023) dipimpin langsung Ketua KPU Kabupaten Bima, Imran, SH. Hadir pada acara pelantikan Anggota KPU Kabupaten Bima, Bupati Bima diwakili Asisten I Fatahullah, S.Pd, Wakil DPRD Kabupaten Bima Yasin, Camat Palibelo, Perwakilan Kodim 1608/Bima. Polres Bima dan Polres Kota Bima.

Ketua KPU Kab. Bima dalam sambutannya mengatakan, PPS yang dilantik hari ini adalah PPS terpilih, yakni tiga orang untuk masing-masing desa.

Tentunya dalam penetapan PPS terpilih kami juga mendapat kritikan, namun kita juga tidak boleh anti kritik pastinya dalam sebuah keputusan ada yang merasa puas dan ada pula yang tidak puas.

“Oleh karena itu marilan kita mengubah keritikan itu menjadi prestasi,” ajak Ketua KPU kepada seluruh anggota PPS yang baru dilantik.

Imran juga menyampaikan, bahwa proyeksi jumlah Tempet Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Bima saat ini adalah sebanyak 1606 TPS. dan tentunya tugas pertama teman-teman PPS adalah melakukan pembentukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) yang jumlahnya sama dengan jumlah TPS yang ada.

Ketua KPU juga mengibau kepada seluruh anggota PPS terpilih agar selalu menjaga netralitas dan integritas dalam menjalankan tugas sebagai penyelenggara pemilu.

“Tetap jaga Netralitas dan Integritas dalam menjalankan tugas karena keduanya merupakan mahkota bagi Penyelenggara Pemilu yang harus terus di jaga,” imbaunya.

Imran juga mengingatkan bahwa Pleno pertama yang akan dilakukan oleh PPS adalah Pemilihan Ketua, Ia juga menyampaikan bahwa dalam Pleno diutamakan dengan cara musyawarah mufakat.

“Jangan sampai hanya karena perbedaan pendapat akan memecah belah persatuan, maka dalam pemilihan ketua PPS laksanakan dengan baik,” ucapnya.

Tidak lupa Ketua KPU menyampaikan ucapan selamat kepada 573 anggota PPS yang telah dilantik. “Selamat kepada teman-teman yang baru dilantik  selamat menjalankan tugas semoga sukses selalu,” ucapnya.

Bupati Bima diwakili Asisten I Fatahullah, S.Pd dalam sambutannya menyampaikan permohonan maaf karena Bupati Bima tidak bisa hadir karena ada urusan penting yang harus diselesaikan.

Asisten juga menyampaikan agar PPS yang baru dilantik untuk segera menyesuaikan diri dan segera membangun kerjasama yang baik dengan stakeholder di desa seperti Kepala Desa, Bhabinkamtibmas dan Bansa.

“Sedianya Bupati Bima ingin menghadiri acara pelantikan ini, namun karena ada tugas penting yang harus beliau selesaikan sehingga beliau hanya bisa menutip salam kepada teman-teman PPS yang baru dilantik. Selamat bertugas dan jalankan tugas dengan penuh amanah dan tanggungjawab,” ucapnya.

Acara pelantikan 573 anggota PPS di Gor Panda Bima ini berlangsung khidmat dan ditutup dengan acara ucapan selamat oleh undangan  yang hadir kepada anggota PPS yang baru dilantik. (WR-Son)