Komunitas Makembo Gelar Kemah Budaya dan Literasi di Lamere-Sape

613
Kegiatan literasi Komunitas Makembo di SDN Lamere Sape.

BIMA, Warta NTB – Komunitas Budaya Majelis Kebudayaan Mbojo (Makembo) cukup intens melaksanakan kegiatan Literasi dan Kemah Budaya. Setelah sukses melaksanakan kemah budaya dan literasi di Desa Sai Kecamatan Soromandi bulan Juni lalu, kini Makembo yang dipimpin Budayawan Alan Malingi menggelar kegiata serupa di Desa Lamere, Kecamatan Sape, Kabupaten Bima.

“Kegiatan dilaksanakan hari Sabtu dan Minggu antara tangga 3 s/d 4 Agustus 2019. Kami menggelar kegiatan literasi di SDN Lamere dan dilanjutkan dengan kemah budaya di pantai Matamboko,” kata Alan Malangi, Minggu (4/8/2019).

Pihaknya sengaja memilih akhir pekan karena bertepatan dengan libur anggota komunitas dan sekalian untuk jalan-jalan dan refresing. “Setiap kegiatan kami melibatkan komunitas setempat dan mengundang tokoh masyarakat atau budayawan untuk berbagi kisah sejarah dan budaya terutama tentang desa yang dikunjungi,” sebut Alan.

Kegiatan Literasi di Lamere mengambil topik tentang Lamere yaitu sejarah Lamere dan tradisi serta budaya yang ada di desa tersebut. Desa Lamere dimekarkan dari desa Buncu sejak tahun 2006. Lamere dihuni oleh perpaduan suku Mbojo dan Bugis. Mata pencaharian warganya adalah nelayan dan pembuat perahu Pinisi.

“Berkaitan dengan Dana kegiatan Kemah Budaya dan Literasi, sejauh ini Makembo mengandalkan dana dari swadaya anggota komunitas dan dibantu oleh komunitas pemuda di desa yang menjadi obyek kegiatan,” pungkasnya. (WR-Man)