Komunitas Hijau “Jao” Bima Lanjutkan Program Kampung Iklim di Parado Kuta

2026

BIMA, Warta NTB – Komunitas Hijau “Jao” Bima bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bima melanjutkan Program Kampung Iklim (Prokim) tahap dua di Desa Parado Kuta, Kecamatan Parado, Kabupaten Bima.

Kegiatan yang dimulai pukul 10:00 WITA Jumat (18/1/2019) pagi, turut dihadiri Kabid DLH Kabupaten Bima Zainal Arifin, Kades Kuta, perangkat desa, unsur desa Ketua RT, Kepala Dusun dan masyarakat setempat.

Dalam kegiatan, semua unsur yang hadir mengambil bagian masing-masing dan bergotong royong bersama warga, mulai dari membersihkan lingkungan, merapikan pagar, pengecatan pagar hingga kegiatan penanaman pohon produktif.

Ayani Prawira Yudha anggota Komunitas Hijau Jao Bima mengatakan, tujuan dilaksanakan program kampung iklim adalah untuk mendorong terciptanya desa hijau dan ramah lingkungan.

“Selain itu, untuk mendorong terciptanya desa yang asri, bersih dan berestetika, serta mencegah mitigasi,” jelasnya.

Di tempat yang sama Kabid DLH Zainal Arifin mengatakan, kedepan kegiatan program kampung iklim akan terus dilaksanakan di berbagai desa di Kabupaten Bima karena hal ini dapat membangun kesadaran masyarakat untuk mewujudkan lingkungan hijau yang bersih, lestari dan asri.

“Kedepan DLH bersama Komunitas Hijau Jao Bima akan terus mendorong terciptanya kampung iklim di berbagai desa di wilayah Kabupaten Bima,” katanya.

Atas terlaksanakanya program kampung iklim, Kades Kuta menyampaikan ucapan terimakasih kepada Komunita Hijau Jao Bima dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bima.

“Program kampung iklim membawa dampak positif bagi masyarakat kami sehingga mereka tahu bagaimana cara menjaga dan menata lingkungan dengan baik” ungkap Kades. (WR)