Kodim Jajaran Korem 162/WB Laksanakan Pembinaan Pramuka

922

Mataram, Warta NTB – Sebagai pembina Pramuka Saka Wira Kartika, Kodim jajaran Korem 162/WB melaksanakan kegiatan pembinaan dan pelatihan seperti latihan Peraturan Baris Berbaris (PBB) dan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) kepada para siswa-siswi baik SD, SMP maupun SMA di wilayah amsing-masing.

Terkait kegiatan itu, kodim 1607/Sumbawa dan kodim 1628/Sumbawa Barat, Jumat (14/9/2018) menggelar pelatihan PBB dan Wasbang yang diikuti ratusan siswa-siswi.

Kapenrem 162/WB Mayor Inf DahlanS.Sos di Mataram menyampaikan kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari program pembinaan teritorial (Binter) satuan sebagai wujud pemberdayaan wilayah pertahan darat sejak dini.

Menurutnya, kegiatan yang dilaksanakan ini sangat bermanfaat untuk diikuti oleh generasi muda khususunya para pelajar sebagai bekal untuk hidup kedepan mengingat kita ketahui bersama adik-adik Pramuka harus memiliki karakter yang kuat, berjiwa nasionalisme, kepeloporan dan berjiwa sosial sebagai generasi calon-calon Pemimpin masa depan.

“Melaui kegiatan PBB dapat menumbuhkan jiwa kebersamaan, kekompakan dan kedisiplinan serta tidak mudah putus asa dalam menghadapi setiap tantangan,” kata Dahlan.

Mantan Danramil Monta ini menambahkan, terkait dengan wawasan kebangsaan, memang setiap diri anak bangsa harus memiliki wawasan tentang kebangsaan sehingga kedepan akan memiliki jiwa nasionalisme, patriotisme dan rasa kebanggaan terhadap tanah air, bangsa dan negara secara utuh dan totalitas.

“Jika ada ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan baik dari luar maupun dalam, kita sudah siap menghadapinya secara bersama-sama sesuai dengan konsep pertahanan yakni Sistem pertahanan rakyat semesta (Sishanrata)”, tutupnya.

Terpisah, Danrem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani S.Sos SH., M.Han disela-sela kesibukannya mengucapkan terimakasih kepada para Dandim yang sudah melaksanakan pembinaan dengan baik kepada adik-adik Pramuka yang ada didaerah masing-masing .

“Kodim-Kodim yang terkena dampak bencana alam gempa juga ikut melaksanakan kegiatan pembinaan Kepramukaan sekaligus untuk menghilangkan perasaan trauma yang ada pada anak-anak, dengan demikian perasaan trauma akan hilang secara perlahan sehingga secara mental anak-anak akan siap menghadapi setiap masalah,” jelasnya.

Rizal berharap melalui kegiatan pembinaan ini akan tercipta rasa kebersamaan dan kedekatan sedini mungkin bersama TNI khususnya Korem dan jajaran sehingga setiap permasalahan yang ada ditengah-tengah masyarakat dapat dideteksi sedini mungkin dan bisa diselesaikan secara cepat dan tepat. (WR)