KKM Pelaksana Program Jamban Sehat di Desa Tolouwi Terbentuk

267
Pengukuhan Kelompok Kerja Masyarakat (KKM) sebagai Tim pelaksana Program Jamban Sehat Desa Tolouwi, Kecamatan Monta, Senin (8/3/2021).

BIMA, Warta NTB – Kelompok Kerja Masyarakat (KKM) sebagai Tim pelaksana kegiatan pembangunan jamban sehat dan aman keluarga di Desa Tolouwi, Kecamatan Monta, Kabupaten Bima terbentuk.

Struktural KKM yang dibentuk melalui musyawarah mufakat yang digelar di aula kantor desa Tolouwi, Senin (8/3/2021) terdiri dari satu orang ketua, satu orang bendahara, dua orang unit persiapan, tiga orang unit pelaksanaan, dan dua orang unit pengawasan.

Hadir pada rapat pembentukan KKM, Kepala Puskesmas Monta yang diwakili Nurwahidah, Kepala Desa Tolouwi Ismail H. Thalib, ST, Ketua BPD Rosmala Puspitasari, S.Pd dan anggota, Sekretaris Desa Irman Adam Ama.Pd dan perangkat desa, Kader posyandu, Kadus, Ketua RT/RW dan sejumlah elemen masyarakat.

Dalam sambutannya Kepala PKM Monta yang diwakili Nurwahidah menyampaikan, pada hari Jumat lalu telah dilakukan tahapan sosialisasi bahwa Desa Tolouwi mendapatkan program pemerintah dengan anggaran Rp 100 juta dan rencananya program itu untuk pembangunan minimal 20 paket jamban aman dan sehat keluarga.

Pada kesempatan itu kata dia, disepakati bersama bahwa hari ini kita akan melakukan rapat pembentukan tim pelaksana kegiatan yang diistilahkan sebagai Kelompok Kerja Masyarakat (KKM) ini sesuai arahan Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Bima.

“Alhamdulillah hari ini KKM sebagai Tim pelaksana program telah terbentuk dengan cara musyawarah dan mufakat di tingkat desa,” ujarnya.

Selain itu, kata Nurwahidah dalam Tim KKM tidak boleh disertakan pemerintah desa dan BPD karena tujuan pembentukan KKM ini merupakan langkah objektif untuk memberikan peluang kerja bagi masyarakat langsung.

“Tugas pemerintah desa dan BPD adalah sebagai pengawas eksternal terhadap kegiatan yang dilaksanakan KKM. Selain itu proses pencairan dana senilai Rp 100 juta akan langsung masuk ke rekening KKM,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Kades Tolouwi Ismail H. Thalib mengatakan, pembentukan KKM hari ini dilakukan melalui musyawarah dan mufakat dengan cara yang demokratis. Setelah dilakukan pembentukan, KKM terpilih langsung dilantik.

“Sesuai arahan Dikes Kabupaten Bima hari ini kami telah membentuk dan melantik KKM sebagai tim pelaksana kegiatan yang dikukuhkan melalui Surat Keputusan (SK) Kepala Desa,” katanya.

Dijelaskan Ismail, Tim KKM yang telah dibentuk dan dilantik akan melaksanakan tugas selama satu bulan kedepan. Ia juga menyampaikan ucapan selamat kepada KKM yang telah dilantik dan berharap dapat menjalankan tugas dengan penuh amanah dan tanggungjawab.

“Kami selaku pemerintah Desa Tolouwi bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Bima menyampaikan ucapan selamat kepada KKM yang telah dilantik. Semoga tugas diamanatkan dapat dijalankan dengan baik selama satu bulan kedepan,” ucapnya. (WR-Fad)