Kepala SMAN 2 Monta Imbau Siswa Manfaatkan Waktu Libur untuk Belajar dan Mengisi Kegiatan Positif

453

BIMA, Warta NTB – Mengakhiri tahun pelajaran 2020/2021 di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Monta ditandai dengan acara pembagian raport bagi siswa kelas X dan XI yang berlangsung di halaman sekolah setempat, Sabtu (26/6/2021).

Pada momen tersebut Kepala Sekolah Nazamuddin, S.Pd menghimbau siswa agar memanfaatkan waktu libur usai pembagian raport dengan kegiatan yang positif dan mengisi waktu untuk belajar dalam menghadapi tahun ajaran baru 2021/2022.

“Selama liburan ini siswa harus memanfaatkan waktu untuk belajar di rumah, kurangi bermain, kurangi mengerjakan hal-hal yang tidak penting,” imbau Nazam dihadapan siswa saat acara pembagian raport.

Nazam menjelaskan, waktu libur bagi sekolah menengah atas adalah mulai tanggal 28 Juni hingga 10 Juli 2021. Waktu ini menurutnya cukup panjang. Sehingga siswa diharapkan mengisi waktu libur untuk belajar dan memanfaatkan waktu untuk kegiatan yang positif.

“Isilah waktu libur ini dengan terus belajar untuk menghadapi tahun pelajaran baru dan naik di kelas baru,” pesannya.

Soal pembagian raport Nazam menyampaikan, dengan pembagian raport para siswa dan orang tua dapat melihat catatan dan nilai yang diberikan oleh guru mata pelajaran masing-masing.

“Apakah meningkat atau menurun sehingga dapat dievaluasi pada semester berikut atau tahun pelajaran berikutnya dan yang pasti penilaian ini berdasarkan hasil belajar siswa,” sebutnya.

Tentunya sambung dia, bagi siswa yang telah belajar dengan rajin dan sungguh-sungguh akan mendapatkan nilai yang baik dan sebaliknya bagi siswa yang bmalas-malasan akan mendapat nilai yang jelek atau tidak memuaskan.

“Apapun hasil belajar siswa akan mendapatkan penilaian dari guru mata pelajaran masing-masing. Bagi siswa yang nilainya bagus dan mendapatkan peringkat kelas jangan terlalu cepat puas dan bagi siswa yang nilainya kurang bagus agar lebih giat belajar sehingga bisa mendapatkan prestasi,” pesannya.

Kepada orang tua, Nazam berharap bisa mendampingi atau memantau anak-anaknya selama proses belajar. Selain guru peran orang tua juga sangat menentukan prestasi dan masa depan anak-anak.

“Oleh karenanya kami berharap orang tua juga harus berperan dalam mendampingi dan memantau anak-anak selama berada di rumah dan mendorong mereka untuk terus belajar demi masa depan dan cita-citanya,” pesan mantan kepala SMAN 1 Woha ini.

Dalam pembagian raport, terlihat masing-masing guru wali kelas menyerahkan raport kepada para muridnya dan siswa yang berprestasi juga diberikan hadiah buku dan alat tulis sebagai motivasi untuk belajar dan mempertahankan prestasinya. (WR-Al)