Kepala Arsip Nasional RI Hadiri Peluncuran E-Arsip di Kabupaten Bima

550

BIMA, Warta NTB – Usai memperingati hari kesaktian Pancasila yang dirangkai dengan apel gabungan dan penyerahan SK 198 Pegawai Negeri Sipil, Pemerintah Kabupaten Bima bersama Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) melakukan launching E-Arsip yang dilaksanakan di halaman kantor bupati setempat, Senin (1/10/2018).

Launching atau peluncuran E-Arsip diawali dengan penarikan tirai oleh Kepala ANRI disaksikan oleh Bupati Bima, Wakil Bupati Bima, Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bima, Kapolres Bima dan para pejabat OPD lingkupPemerintah Kabupaten Bima.

Kepala ANRI Dr. H. Mustari Irawan M.PA mengatakan, E-Arsip adalah salah satu system atau tatacara pengumpulan informasi berupakan dokumen yang direkam dan disimpan sehingga dokumen yang disimpan dapat dengan mudah dilihat, dikelola dan dapat diperggunakan kembali.

“Sistem kearsipan merupakan suatu kombinasi dan penyusunan dari unsur kearsipan yang didesain untuk mencari solusi dan masalah kearsipan sehingga tujuan yang ditetapkan dapat tercapai,” katanya.

Oleh karena itu, arsip elektronik adalah sebuah arsip yang disimpan dan diolah dalam suatu format, dimana hanya komputer yang dapat memprosesnya. Arsip elektronik juga disebut sebagai machine readable records (arsip yang hanya bisa dibaca melalui mesin).

“Electronic records merupakan informasi yang terkandung dalam file dan media elektronik, yang dibuat, diterima, atau dikelola oleh organisasi maupun perorangan dan menyimpannya sebagai bukti kegiatan,” jelas Mustari.

Hal senada disampaikan Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri yang mengatakan, penerapan E-Arsip adalah bagian dari system penataan modern yang mesti menjadi acuan bagi perangkat daerah dalam tata kelola kearsipan yang dilakukan secara terpusat sehingga penataannya dapat dikontrol melalui system aplikasi yang bermuara pada kemudahan mengakses arsip bagi pelaksana tugas kedinasan maupun kebutuhan informasi masyarakat.

“Kabupaten Bima merupakan salah satu kabupaten/kota se Provinsi NTB yang pertama kali menerapkan aplikasi E-Arsip sehingga diharapkan akan semakin memaksimalkan tata kelola kearsipan daerah,” ungkapnya.

Untuk itu, Bupati meminta kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Bima sebagai leading sektor utama, agar terus melakukan inovasi melalui lomba dan pembinaan kepada OPD agar kemampuan pengelolaan Arsip berbasis elektronik semakin optimal sehingga bentuk dan format sesuai dengan standar nasional.

Bupati Bima berharap dengan adanya Launching E-Arsip akan semakin meningkatkan prosedur standar dalam pengoperasian arsip yang keamananya dapat terjamin dari kemungkinan penyalah gunaan informasi yang tidak sah oleh pihak-pihak yang tidak berhak sehingga Penegelola arsip elektronik dapat memproteksi dengan mengunci arsip elektronik vital yang dianggap penting oleh badan atau koorporasi untuk menghindari penyalahgunaan dan pengerusakan arsip elektronik.

Usai launching E-Arsip pada kesempatan itu, Dinas Perustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bima juga mengumumkan juara Lomba Penataan Kearsipan lingkup OPD Kabupaten Bima. (WR)