Kegiatan Non Fisik TMMD 101 di KSB Dengan Penyuluhan Peternakan

725

Taliwang, Warta NTB – Sebagai masyarakat yang tinggal di pedesaan jauh dari hiruk pikuk perkotaan dengan potensi alam yang banyak dan hamparan persawahan yang luas membuat sebahagian besar masyarakat Ai’ Kangkung, Kecamatan Sekongkang, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) lebih memilih menjadi petani, peternak dan nelayan.

Melihat kondisi tersebut, Dandim 1607/Sumbawa selaku Komandan satuan tugas (Dasatgas) TMMD 101 Kabupaten Sumbaw Barat Letkol Arm Sumanto S.Sos menggelar kegiatan penyuluhan peternakan dan pariwisata dengan menghadirkan Kepala bidang Dinas Peternakan KSB Kusmirin ST dan Kepala Seksi Dinas Pariwisata KSB Roy Mahendra SE di Kantor Desa Ai’ Kangkung Kecamatan Sekongkang KSB, Rabu (25/4/2018) malam.

Pada kesempatan tersebut, Kusmirin menjelaskan tentang cara perawatan ternak sapi maupun tambahan gizi pada sapi hamil serta pemasaran sapi ternak. Sedangkan Kasi Pariwisata menyampaikan, tentang potensi pariwisata yang perlu didukung dengan infrastruktur memadai sehingga akan menarik para wisatawan domestik maupun mancanegara.

Atas terselenggaranya kegiatan tersebut, Dandim menyampaikan uacapan terima kasih karena kegiatan penyuluhan adalah bagian dari kegiatan non fisik TMMD ke 101. “Penyuluhan tentang peternakan dan pariwisata antusias dihadiri ratusan masyarakat Desa Ai’ Kangkung,” kata Sumanto.

Menurutnya, tujuan diselenggarakannya kegiatan tersebut sebagai salah satu upaya untuk memberikan pengetahuan dan wawasan tentang tata cara berternak sapi yang baik karena selain bertani masyarakat Ai’ Kangkung juga memiliki banyak sapi.

“Semoga keberadaan TMMD ini betul-betul dirasakan oleh masyarakat setempat terutama dalam bergotong-royong menyelesaikan masalah untuk kepentingan bersama,” pungkasnya.

Kegiatan penyuluhan juga dihadiri Kepala UPTD Peternakan Kecamatan Sekongkang, Kasi Keswan Distanbunak KSB, Sekdes Ai Kangkung, tokoh agama dan masyarakat, Pasiter Kodim 1607/Sumbawa dan undangan lainnya diakhiri dengan sesi tanya jawab.(WR-02)