Kebakaran di Desa Sari Hanguskan Satu Unit Rumah Panggung 12 Tiang

649
Kebakaran yang menghanguskan satu unit rumah panggung 12 tiang di Desa Sari, Kecamatan Sape, Kabupaten Bima, Selasa (9/3/2021).

KOTA BIMA, Warta NTB – Kebakaran yang terjadi di Desa Sari, Kecamatan Sape, Kabupaten Bima sekitar pukul 10.10 Wita, Selasa (9/3/2021) pagi menghanguskan satu unit rumah 12 tiang. Kebakaran diduga akibat korsleting arus listrik.

Kasubbag Humas Polres Bima Kota Iptu Jufrin mengungkapkan, saat peristiwa terjadi pemilik rumah tidak berada di rumah. Kobaran api tiba-tiba keluar dari rumah milik Nur Amirullah (37) yang tinggal di RT.07/RW.04, Dusun Wadusura, Desa Sari tersebut.

Warga sekitar yang melihat kobaran api langsung berteriak meminta tolong kepada warga yang lain dan berusaha memadamkan api dengan alat seadanya. Namun karena api cepat membesar, sehingga semua isi rumah hangus terbakar hingga rata dengan tanah.

“Saat rumahnya terbakar, pemilik sedang berada di luar, sehingga tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini,” ungkapnya.

Untuk memadamkan api, kata Jufrin, satu unit mobil pemadam datang ke lokasi dan dibantu masyarakat sekitar, dari kejadian itu korban mengalami kerugian sekitar Rp 125 juta.

“Selain semua perabotan rumah yang terbakar, 3 unit sepeda motor serta surat penting lainnya juga ikut terbakar,” terang Jufrin.

Terkait peristiwa itu, Jufrin mengimbau masyarakat agar lebih teliti dan rutin memeriksa kondisi kabel dalam rumah, jika sudah terlihat rusak, segera ganti. Agar tidak memicu terjadinya kebakaran.

“Bagi masyarakat yang masih menggunakan kayu untuk memasak, pastikan api sudah padam baru meninggalkan rumah. Begitu juga yang menggunakan kompor gas, teliti saat memasang tabung gas,” imbaunya. (WR-Al)