KCD Dikbud Bima Hadiri Pembagian Raport di SMAN 2 Monta

394
Kepala SMAN 2 Monta Nazamuddin, S.Pd (kiri) Kepala Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Drs. H. Ahmad (kanan).

BIMA, Warta NTB – Mengakhiri semester pertama tahun pelajaran 2020/2021, Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Monta, Kabupaten Bima menggelar acara pembagian raport, Sabtu (19/12/2020).

Pembagian raport yang berlangsung di halaman sekolah setempat turut dihadiri Kepala Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (KCD Dikbud) Bima Drs. H. Ahmad. Selain itu turut hadir Kepala SMAN 2 Monta Nazamuddin, S.Pd, dewan guru dan para siswa sekolah setempat.

Kepala sekolah Nazamuddin mengatakan, pembagian raport siswa dilaksankan sesuai dengan kalender pendidikan yaitu antara tanggal 18 dan 19 Desember 2020.

“Kami melaksanakan pembagian raport sesuai dengan jadwal dan kalender pendidikan dan pembagian raport di SMAN 2 Monta kami laksanakan hari ini,” katanya di sekolah setempat, Sabtu (19/12/2020).

Kata Nazamuddin, raport merupakan dokumen yang menjadi penghubung komunikasi baik antara sekolah dengan orang tua peserta didik maupun dengan pihak-pihak lain yang ingin mengetahui tentang hasil belajar anak pada kurun waktu tertentu.

“Karena itu, raport harus komunikatif, informatif, dan komprehensif (menyeluruh) memberikan gambaran tentang hasil belajar peserta didik,” katanya.

Nazamuddin menuturkan, ada beberapa manfaat pembagian, yaitu manfaat bagi sisiwa adalah untuk mengetahui perkembangan hasil belajar diri, mengetahui konsep atau materi-materi apa saja yang belum dikuasai.

“Dan yang ketiga adalah untuk motivasi diri siswa agar bisa menjadi lebih baik dengan memperbaiki cara belajar,” ujarnya.

Kata Nazam, sementara manfaat lain raport adalah bagi orang tua murid agar bisa melihat dan mengukur prestasi anak agar membantu anaknya belajar, memotivasi anaknya untuk terus belajar dan membantu sekolah meningkatkan prestasi siswa.

Lebih lanjut, Nazamuddin menjelaskan, sedangkan manfaat raport bagi guru mata pelajaran dan wali kelas adalah dengan hasil penilaian yang diberikan mengetahui kekuatan dan kelemahan siswa dalam satu kelas.

“Hasil penilaian harus dapat mendorong guru agar mengajar lebih baik, dan membantu guru untuk menentukan strategi mengajar yang lebih tepat demikian juga dengan wali kelas,” sebut mantan Kepala SMAN 1 Woha ini.

Nazamuddin menambahkan, untuk memotivasi siswa agar terus belajar dan meningatkan prestasi, para siswa juara 1-3 di masing-masing kelas diberikan piagam pengharagaan dan hadiah berupa buku tulis.

“Bagi siswa yang meraih prestasi kami ucapkan selamat dan bagi yang belum agar terus belajar dengan giat dan merubah pola belajar agar bisa meraih prestasi,” tambahnya.

Sebelum acara pembagian raport, KCD Dikbud juga memberikan arahan kepada para guru terkait penyusunan raport dan peningkatan kualitas pendidikan di SMAN 2 Monta. H. Ahmad juga memberikan apresiasi kepada Kepala Sekolah dan dewan guru SMAN 2 Monta.

“Saya memberikan apresiasi kepada kepala sekolah dan dewan guru SMAN 2 Monta karena sekolah ini sudah banyak perubahan dan kamajuan mulai dari pagar, bangunan sekolah, taman dan fasilitas lainnya,” ucapnya. (WR-Al)