Kawal Tungsura, Panwascam Monta Lantik 119 Pengawas TPS

815

BIMA, Warta NTB – Dalam rangka mengawasi pelaksanaan Pemungutan dan Penghitungan Suara (Tungsura) dalam Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019, Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Monta melantik Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) di aula Gedung PKG Desa Tangga, Kecamatan Monta, Selasa (25/3/2019).

Mereka yang dilantik adalah sebanyak 119 orang berasal dari 14 desa dan tersebar di 119 tempat pemungutan suara se Kecamatan Monta.

Hadir dalam pelantikan Ketua Bawaslu Kabupaten Bima Abdullah SH, Camat Monta Muhtar SH, Kapolsek Monta Iptu Takim, Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Monta Al Furqan S.Sos dan Kepala KUA Kecamatan Monta sekaligus sebagai rohaniawan dalam pelantikan.

Ketua Panwascam Monta, Saifullah SH mengatakan, setelah dilantik ada kewajiban yang harus dilakukan pengawas TPS yang mengikuti tahapan dan jadwal pemilu yang sedang berjalan.

“Tugas awal yang harus dilakukan adalah mengawasi pendistribusian logistik seperti C6 atau surat pemberitahuan memilih kepada pemilih,” katanya.

Selain itu, untuk menyempurnakan pemahaman PTPS dalam melaksanakan tugasnya juga akan diberikan Bimbingan Tehnik (Bimtek).

Saiful berpesan agar dalam menjalankan tugas PTPS bekerja dengan ikhlas dan penuh tanggung jawab dengan menjaja netralitas dan integritas sebagai penyelenggera Pemilu.

“Suksesnya pemilu adalah tanggung jawab kita semua. Tanamkan tanggung jawab di hati kecil kita agar dapat melaksanakan tugas dengan ikhlas dan penuh tanggung jawab,” ungkap pria yang akrab disapa Fiat ini.

Fiat menyebutkan, pemilu 2019 adalah sejarah pemilu pertama di Indonesia dimana dua pemilu digabung jadi satu yaitu pemilihan legislagif dan pemilihan presiden yang dibuat dalam satu pelaksanaan yaitu pemilu 2019.

“Jadi tugas berat menunggu teman-teman sekalian. Oleh karena itu jalankan tugas dengan baik dan hindari politik kepentingan yang akan mengganggu jalannya pemilu,” ingatnya.

Di tempat yang sama, Camat Monta mengatakan, untuk menghadapi pemilu yang tinggal menghitung hari, pihaknya telah melakukan rapat koordinasi dengan pemerintah daerah dan stakeholder terkait untuk mendukung suksesnya pelaksanaan pemilu.

“Untuk mensukseskan hajatan negara yaitu pesta demokrasi, kemarin kami sudah melakukan rapat koordinasi tingkat kabupaten bahkan dipimpin langsung Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri,” katanya.

Camat juga menyampaikan ucapan selamat kepada PTPS yang baru dilantik dan berpesan agar PTPS sebagai ujung tombak pengawasan dapat menjalankan tugas dengan penuh dedikasi dan tanggung jawab.

“Jangan tanyakan apa yang negara berikan kepadamu, tapi tanyakan apa yang kamu berikan pada negara, maka saat inilah kita harus memberikan dedikasi untuk negara dengan menjadi penyelenggara pemilu berarti telah berbuat untuk negara, ” ujarnya.

Acara yang berlangsung dengan khidmat ini diakhiri dengan pemberian ucapan selamat dan sesi foto bersama para PTPS yang dilantik dengan Ketua Bawaslu dan para undangan yang hadir. (WR-Man)