Kapolres Lombok Barat Terjun Langsung ke Sekotong Bantu Bangun Tanggul Jebol

219
Kapolres Lombok Barat AKBP Bagus S. Wibowo, S.IK terjun langsung bersama warga melakukan gotong royong membangun pembatas tanggul jebol.

LOMBOK BARAT, Warta NTB – Personel Gabungan TNI-Polri dan Pemerintah Kabupaten Lombok Barat dan unsur lainnya, Jumat (5/2/2021) melakukan gotong royong dalam rangka membangun tanggul untuk menahan luapan air sungai sepanjang 300 meter.

Tak ketinggalan Kapolres Lombok Barat AKBP Bagus S. Wibowo, S.IK juga ikut terjun langsung dalam kegiatan gotong royong tersebut.

Bagus sapaan Kapolres mengungkapkan, kegiatan ini merupakan langkah antisipasi pasca banjir bandang yang menerjang sejumlah desa di Kecamatan Sekotong Kabupaten Lombok Barat Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Selain membangun tanggul, banjir menyisakan sampah dan lumpur yang menumpuk di area permukiman warga, sehingga juga dilakukan pembersihan,” katanya

Dalam aksi gotong royong ini, petugas bahu membahu mengisi karung dengan pasir, dan mengangkat karung pasir tersebut untuk membuat tanggul di pinggir sungai.

“Kami membuat tanggul menggunakan karung pasir di sepanjang pinggir sungai sepanjang 300 Meter dengan tinggi 1 meter,” ucapnya.

Adapun karung pasir yang dibutuhkan untuk membuat tanggul penahan air di bantaran sangai sebanyak 1.000 Karung.

“Untuk Banjir di Dusun Telaga Lebur, kami lakukan pembersihan saluran drainase milik warga yang dimulai dari Jembatan Telaga Lebur ke arah selatan hingga pemukiman warga sepanjang 2 kilometer,” ucapnya.

Kegiatan gotong royong selanjutnya membersihkan lumpur yang berada  di Depan Kantor Camat Sekotong sampai dengan depan Kantor Desa Sekotong Tengah.

“Kami mengajak warga masyarakat untuk menjaga lingkungan, dengan tidak membuang sampah sembarangan terutama di sungai atau di saluran drainase yang dapat menyumbat aliran sungai,” harapnya

Kegiatan gotong royong dilakukan di dua lokasi yaitu di Mako Polsek Sekotong dan Kantor Desa Sekotong Tengah di bawah kendali Kabag Ops Polres Lombok Barat AKP I Kadek Metria, S.Sos SH MH. (WR-02)