Kapolres Bima Kota Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Gatarin 2018

1130

Kota Bima, Warta NTB – Kepolisian Resort Bima Kota (Polres Bima Kota) menggelar apel pasukan operasi Ketupat Gatarin 2018 di Lapangan Polres Bima Kota, Rabu (6/6/2018) tepat pukul 09.00 Wita pagi. Apel ini digelar dalam rangka persiapan menyambut lebaran Idul Fitri 1439 Hijriyah.

Apel gelar pasukan dipimpin langsung Kapolres Bima Kota AKBP Ida Bagus Made Winarta SIK dan dihadiri Sekretaris Daerah Kota Bima Drs. H Mukhtar MH, Ketua MUI Kota Bima. Ketua FKUB Kota Bima, Kadis terkait dan para PJU Polres Bima Kota.

Operasi Ketupat Gatarin tahun ini mengambil tema “Tingkatkan Sinergi Polri dengan Instansi Terkait Dalam Rangka Memberikan Rasa Aman dan Nyaman”. Apel gelar pasukan diawali dengan pemeriksaan pasukan dan kendaraan yang digunakan dalam pelaksanaan Operasi Ketupat Gatarin 2018.

Tanda dibukanya operasi ketupat gatarin tingkat Kota Bima tahun 2018 ditandai dengan penyematan pita kepada 5 orang perwakilan sebagai tanda bagi personil yang melaksnakan operasi Ketupat Gatarin 2018.

Dalam sambutan Kepala Kepolisian Republik Indonesia yang dibacakan Kapolres Bima Kota menyampaikan, Operasi Ketupat kali ini diselenggarakan secara serentak di seluruh Polda Jajaran selama 18 hari yang dimulai dari tanggal 7 s/d 24 Juni 2018 dan melibatkan sejumlah 173.397 personil gabungan.

Kapolri menekankan operasi tahun ini, setidaknya terdapat empat potensi kerawanan yang harus diwaspadai, yang pertama adalah stabilitas harga dan ketersediaan bahan pangan. Kedua, permasalahan kelancaran dan keselamatan arus mudik dan arus balik.

Ketiga, menjadi hal yang perlu diwaspadai adalah bencana alam dan gangguan kamtibmas lainnya seperti curat, curas, curanmor, copet, pencurian rumah kosong, begal dan hipnotis. Untuk itu, diharapkan kepada para kasatwil bekerjasama dengan pihak Basarnas, BMKG dan pihak terkait lainnya bisa mengantisipasi kerawanan ini.

Kemudian yang keempat, adalah ancaman tindak pidana terorisme guna mengantisipasi hal ini, Kapolri menekankan kepada seluruh Kasatwil untuk terus meningkatkan deteksi kegiatan Intelejen yang diimbangi dengan upaya penegakkan hukum.

“Saya berharap kepada seluruh elemen yang terlibat dalam operasi ini agar bekerja sama dengan baik sehingga mampu menciptakan suasana yang aman dan nyaman menjelang Idul fitri 1439 Hijriyah,” tutup Kapolres. (WR)