Kapolda NTB Pimpin Upacara Gelar Pasukan Operasi Lilin Rinjani 2020

959
Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad Iqbal S.IK MH mengecek kesiapa pasukan saat Pimpin Upacara Gelar Pasukan Operasi Lilin Rinjani Tahun 2020 di Lapangan Gajah Mada Polda NTB, Senin (21/12/2020).

MATARAM, Warta NTB – Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad Iqbal S.IK MH memimpin apel gelar pasukan Operasi Lilin Rinjani 2020 dalam rangka Pengamanan Perayaan Natal tahun 2020 dan Tahun Baru 2021 di Provinsi NTB bertempat di Lapangan Gajah Mada Polda NTB, Senin (21/12/2020).

Hadir dalam upacara Wakapolda NTB, Ketua DPRD Provinsi  NTB, Kajati NTB, Ka BNNP NTB, Dandenpom TNI AL Mataram, Dandenpom TNI AD, Dansatpom Lanud ZAM, GM Angkasa Pura, Ka BMKG, GM Pelindo Lembar, GM PT. Jasa Raharja, Ka Basarnas Prov. NTB, Kasat Pol PP Prov. NTB, Ketua Senkom Prov. NTB, KSOP Lembar, Ketua Organda dan Perwakilan FKPD terkait tingkat Provinsi NTB.

Pembukaan Operasi Lilin Rinjani 2020 ditandai dengan Penyematan pita tanda Operasi Lilin Rinjani 2020 oleh Kapolda NTB kepada perwakilan peserta apel.

Dalam arahannya, Kapolda NTB mengatakan, dalam persektif Polri, selain potensi kerawanan kamtibmas, terdapat potensi kerawanan yang ada  saat mengamankan Natal dan pergantian tahun 2020 ke tahun 2021.

Potensi kerawanan sesuai karakterisitk Provinsi NTB yaitu sektor pariwisata, oleh karena itu kita mengantisipasi jangan sampai masyarakat  lalai pada saat perayaan Natal dan Tahun baru 2021, namun sebaliknya diharapkan agar protokol kesehatan tetap terjaga.

“Provinsi NTB juga rentan terhadap kelompok radikal dengan membutuhkan pendekatan kita semua agar tetap bergandengan tangan untuk meniadakan kesempatan pada kelompok tersebut untuk melancarkan aksi terorisme yang ingin dilakukan,” kata Kapolda.

Lebih lanjut Kapolda menyebutkan, Provinsi NTB juga memerlukan potensi ekonomi yang harus dijaga, mulai hari ini, mari kita semua bahu membahu sesuai dengan tugas pokok fungsi masing masing melakukan konsolidasi dalam pelaksanaan tugas.

Kapolda NTB menegaskan, agar seluruh kegiatan dinamika sosial yang menyangkut perayaan natal dan tahun baru harus mematuhi protokol kesehatan yang optimal.

“Kita harus bergerak mengamankan seluruh wilayah Provinsi NTB dan ikhtiar kita agar Provinsi NTB dalam konteks pelaksanaan Natal dan Tahun baru dapat berjalan aman damai dan kondusif,” ajak Kapolda.

Dalam pelaksanaan Operasi Lilin Rinjani 2020, terdapat 1.101 personel gabungan dari Polda NTB maupun Polres Jajaran. Operasi ini akan dilaksanakan 15 hari yang dimulai dari tanggal 21 Desember hingga 4 Januari 2021.

Apel ini juga diikuti oleh personel baik dari TNI, Satpol PP, Basarnas, Dinas Perhubungan dan institusi maupun organisasi terkait dalam pelaksanaan pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru 2021.

Sebelum mengakhiri sambutan Kapolda menyampaikan terimakasih kepada semua unsur terkait/stakeholder yang hadir pada upacara tersebut juga menyampaikan selamat Hari Natal tahun 2020 kepada seluruh anggota Polri dan PNS dan masyarakat yang beragama Kristen dan   selamat tahun baru kepada seluruh masyarakat NTB. (WR-02)