Kadis Kominfostik Kabupaten Bima Berharap KIM Berperan Dua Arah

754

BIMA, Warta NTB – Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfostik) Kabupaten Bima terus melakukan pembinaan kepada Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di wilayah binaanya.

Hal ini dilakukan dengan kegiatan anjangsana mengunjungi KIM di masing-masing kecamatan, seperti yang dilakukan, Selasa (2/10/2018).

Rombongan Diskominfostik yang dipimpin langsung Kepala Dinas H. Abdul Wahab Usman SH M.Si melakukan kunjungan di Sekretariat KIM Lahila yang berada di Desa Kala, Kecamatan Donggo.

Dihadapan Ketua KIM Lahila Edy Wirawansyah dan anggotanya, H. Abdul Wahab memberikan motifasi dan mendorong peningkatan KIM sebagai jembatan informasi masyarakat.

“KIM diharapkan berperan dua arah, di satu sisi memiliki peran untuk menyampaikan informasi yang berkaitan dengan aspirasi dan hajat hidup masyarakat di wilayahnya. Sementara, di sisi lain juga memiliki fungsi untuk menyebarluaskan informasi dari pemerintah,” harapnya.

Hal ini penting lanjut Wahab, mengingat banyak hal positif yang bisa muncul dalam masyarakat yang tidak dapat dijangkau oleh pemerintah.

“Di sinilah fungsi penting keberadaan KIM,” kata Wahab.

Kadis menjelaskan, sesuai amanat undang-undang, Dinas Kominfostik memiliki kewajiban untuk mengawasi mengarahkan dan turut membesarkan KIM di tengah masyarakat.

Lebih lanjut, Abdul Wahab menjelaskan, sesuai dengan amanat tersebut Dinas Kominfostik berupaya memberikan informasi positif kepada masyaraka, akan tetapi di sisi lain dihadapkan dengan keterbatasan kemampuan pemerintah dalam penyebarluasan informasi.

“Untuk itulah peran masyarakat perlu didorong untuk mewujudkan pemerataan peyebarluasan informasi tersebut,” terang Wahab.

Turut hadir bersama rombongan Kepala Bidang Komunikasi Publik dan Diseminasi Informasi Suryadin S.S M.Si, Kasi Kelembagaan dan Media massa Arief Rahman SH MH serta Kasi Pelayanan Informasi Publik dan Pengelolaan Data M. Syahdan ST. (WR)