Kades Kanca Harap Pemerintah Provinsi Buka Askses Jalan Kanca-Pajo Dompu

631
Kepala Desa Parado Kanca Zainuddin

BIMA, Warta NTB – Sebagai upaya untuk meningkatkan ekonomi dan mempermudah akses transportasi masyarakat, Kepala Desa Kanca, Kecamatan Parado, Kabupaten Bima Zainuddin meminta kepada Pemerintah Provinsi NTB agar membuka akses jalan antara Desa Kanca dengan Desa Woko, Kecamatan Pajo, Kabupaten Dompu.

Zainuddin membeberkan, selain alasan ekonomi dan mempermudah akses antar masyarakat, alasan lain dibukannya jalan tersebut adalah kedekatan jarak antara Desa Kanca, Kecamatan Parado dengan Desa Woko, Kecamatan Pajo, Kabupaten Dompu.

“Alasan lain, selain mempercepat perputaran ekonomi masyarakat dan akses transportasi adalah karena jarak antara Desa Kanca dan Woko Dompu sangat dekat hanya sekitar 6 kilometer,” bebernya.

Oleh karena itu, Zainuddin berharap pada Pemerintah Provinsi NTB melalui  Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) dan Kehutanan untuk membebaskan lahan hutan tutupan negara untuk dijadikan jalan lintas Bima-Dompu.

Selain itu, tambahnya, dengan adanya akses jalan lintas kabupaten akan mempercepat perputaran ekonomi masyarakat dan mengurangi pembabatan hutan secara liar di perbatasan Bima-Dompu.

“Sebagai kepala desa dan mewakili masyarakat Desa Kanca kami berharap agar Pemerintah Provinsi NTB dan Gubernur NTB bisa merespon harapan kami agar akses jalan tersebut dibuka,” katanya saat ditemui di kantor Desa Kanca, Rabu (30/12/2020).

Dia juga menuturkan, dengan dibebaskan lahan hutan tutupan negara sebagai akses jalan, maka pemerintah daerah juga bisa membuka jalan permanen yang menguhubung beberapa dusun terpencil yang ada di wilayah Kecamatan Parado.

“Yang memiliki wewenang membuka akses jalan tersebut adalah pemerintah provinsi dan kami pemerintah desa akan ikut memperjuangkan ketika akses jalan tersebut dibuka oleh pemerintah provinsi,” tutupnya. (WR-Budi)