Kader Posyandu “Sama Ngawa” Desa Waro Gelar PMT Tahap I

448
Kegiatan pemberian makanan tambahan Tahap I yang digelar Kader Posyandu Sama Ngawa, Desa Waro, Kecamatan Monta, Kabupaten Bima, Minggu (10/1/2021).

BIMA, Warta NTB – Kader Posyandu Sama Ngawa, Desa Waro, Kecamatan Monta, Kabupaten Bima menggelar kegiatan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) Tahap I untuk bayi, balita, lansia dan ibu hamil.

Kegiatan yang berlangsung, Minggu (10/1/2021) dilaksanakan di Posko Posyandu Sama Ngawa RT.06/RW.03, Dusun Timur, Desa Waro. Program PMT merupakan kegiatan yang dianggarkan melalui APBDes Tahap I Desa Waro, Kecamatan Monta.

Faridah salah satu kader Posyandu mengatakan, kegiatan pemberian makanan tambahan atau (PMT) adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan minimal tiga kali dalam setahun.

“Tujuannya adalah untuk menambah asupan gizi bagi bayi balita, lansia dan ibu hamil. Selain itu juga untuk mencegah stunting bagi bayi yang ada dalam kandungan ibu hamil agar tetap sehat,” katanya.

Faridah menuturkan, dalam kegiatan pemberian makanan tambahan para kader posyandu juga melakukan pengecekan langsung perkembangan bayi, balita dan pengecekan kesehatan bagi lansia dan ibu hamil.

“Makanan tambahan yang diberikan adalah makanan yang mengandung gizi tinggi yang diolah sendiri oleh para kader sesuai rujukan ahli gizi kesehatan seperti bubur kacang ijo dan makanan tambahan lainnya,” ungkapnya.

Dijelaskan, Faridah, kegiatan pemberian makanan tambahan di Desa Waro dilaksanakan minimal tiga kali setahun sesuai dengan kemampuan anggaran desa.

“Kegiatan PMT biasanya dilakukan tiga kali setahun yakni tahap I hingga tahap III,” ujarnya.

Sebagai kader posyandu, pihaknya menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah Desa Waro karena telah mengalokasikan anggaran untuk kegiatan PMT.

“Program ini sangat membantu masyarakat lebih khusus bagi bayi balita, lansia dan ibu hamil. Kami para kader juga mengucapkan terima kasih kepada Bapak Kades Waro yang telah membantu kegiatan posyandu melalui anggaran APBDes,” ucapnya.

Di tempat terpisah, Kepala Desa Waro Muhammad Ali, SH memberikan apresiasi kepada para kader posyandu yang dengan penuh dedikasi dan tanpa pamrih membantu masyarakat dalam segi peningkatan kualitas kesehatan.

“Kepada para kader posyandu kami ucapkan terima kasih atas dedikasi dan semangatnya dalam membantu pemerintah desa dan masayarakat dalam peningkatan kualitas kesehatan terutama di lingkungan masing-masing,” ucap Kades dua periode ini memberi semangat. (WR-IG)