Jelang TMMD, Dandim Bima Bersilaturrahmi dengan Warga Sape dan Lambu

742

Bima, Warta NTB – Jelang pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 103 tahun 2018 di Kabupaten Bima, Dandim 1608/Bima Letkol Inf Bambang Kurnia Eka Putra menggelar silaturrahim dengan unsur Muspika Kecamatan Sape dan Lambu.

Acara yang digelar di Gedung Serba Guna, Kecamatan Sape, Kabupaten Bima, Rabu (5/9/2018) turut dihadiri tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat dan komponen masyarakat Kecamatan Sape dan Lambu.

Camat Sape Komarudin S.Sos dalam sambutannya menyampaikan, ucapan terimakasih kepada Dandim Bima atas terlaksananya kegiatan silaturahmi yang dihadiri para tokoh agama, tokoh masyarakat dan seluruh lapisan masyarakat dua kecamatan sekaligus.

“Alhamdulillah Pak Dandim selalu hadir di tengah-tengah masyarakat sehingga kami khususnya pemerintah Kecamatan Sape dan masyarakat merasa terayomi. Sehingga wilayah Kecamatan Sape dan Lambu tetap dalam keadaan kondusif,” katanya.

Terkait pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Komarudin menjelaskan, di Kecamatan Sape ada 8 desa yang akan melaksanakan pemilihan Kepala Desa, sedangkan di Kecamatan Lambu ada 1 desa.

“Dalam pelaksanaanya nanti, kami berharap Dandim Bima dan jajarannya dapat membantu pelaksanaan Pilkades sehingga dapat berjalan dengan aman dan lancar,” harapnya.

Pada kesempatan tersebut, Bambang sapaan akrab Dandim menekankan, tentang peranan dan tantangan generasi muda saat ini, sehingga generasi muda harus mampu menjaga diri dari hal-hal negatif yang dapat merusak diri maupun keluarga. Untuk itu, generasi muda harus mampu menjaga diri dengan selalu berpegang teguh pada aturan agama, menjaga budaya serta kearifan lokal dan hal ini membutuh kepedulian bersama.

Selain itu, kepada para tokoh masyarakat, Bambang meminta agar menggunakan ketokohannya untuk menjadi contoh suri tauladan dan mengedukasi masyarakat di lingkungan masing-masing sehingga akan mencegah masyarakat melakukan hal-hal yang tidak diinginkan di luar aturan dan prosedur.

“Bila mengetahui ada permasalahan seperti pemalakan, pesta miras, Narkoba maupun kepemilikan senjata rakitan, laporkan ke Babinsa atau Bhabinkamtibmas. Untuk Informan akan kami jamin kerahasiaannya,” tegasnya.

Orang nomor satu di jajaran Kodim Bima ini juga menyinggung pelaksanaan Pilkades yang sebentar lagi akan dilaksanakan secara serentak di Kabupaten Bima.

“Sebentar lagi Kabupaten Bima akan menggelar pesta demokrasi Pemilihan Kepala Desa, diharapkan para calon Kades agar bekompetisi dengan baik, siap kalah dan siap menang. Bila merasa ada kecurangan agar mengumpulkan data kecurangan dan laporkan sesuai prosedur yang benar, bukan dengan mengerahkan massa pendukung untuk melakukan tindakan anarkis,” tegas Danrem.

Terkait kegiatan TMMD, Bambang menyampaikan, bahwa pada bulan Oktober akan dilaksanakan kegiatan TMMD di Desa Nggelu, Kecamatan Lambu.

“Insya Allah Oktober mendatang kita akan laksanakan TMMD di wilayah Kecamatan Lambu Desa Nggelu, diharapkan agar masyarakat berpartisipasi secara maksimal sehingga hasilnya akan maksimal dan hasilnya akan dinikmati bersama,” pungkasnya.

Acara silaturrahmi yang dihadiri oleh anggota Muspika Sape dan Lambu beserta ratusan masyarakat tersebut diakhiri dengan sesi tanya jawab. (WR)