Jalankan Fungsi Pengawasan, BPD Tolotangga Pantau Kegiatan Rabat Gang di Dusun Beringin

453

BIMA, Warta NTB – Menjalankan fungsi pengawasan, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Tolotangga, Kecamatan Monta, Kabupaten Bima melakukan monitoring kegiatan rabat atau betonisasi gang yang ada di Dusun Beringin, Jumat (22/10/2021)

Sekretaris BPD Tolotangga Amiruddin, S.Sos yang ditemui di lokasi mengatakan, sesuai amat Undang-undang Nomor 14 tahun 2006 tentang Desa tugas BPD salah satunya adalah melakukan monitoring dan pengawasan terhadap penggunaan dana desa yang ditujukan untuk kesejahteraan masyarakat.

“Hal itu dilakukan agar tidak terjadi penyelewengan dalam penggunaan anggaran, mengingat dana yang dikucurkan pemerintah ke wilayah pedesaan cukup besar terutama dalam hal pembangunan infrastruktur,” katanya.

Amiruddin menjelaskan, dalam pencairan 40 persen Dana Desa (DD) tahun 2021 ada tiga kegiatan pembangunan infrastruktur yang diprioritaskan, yakni bronjongnisasi tebing sungai dan talud penghubung embung So Tolo Rasa serta kegiatan pembangunan pondasi jambantan di Dusun Wane.

“Selanjutnya yang ketiga kegiatan betonisasi gang di Dusun Beringin. Anggaran yang dipakai yaitu 40 persen dari Dana Desa tahap dua,” jelasnya.

Dalam monitoring ini lanjut Amir, kami melakukan pengukuran volume ketebalan beton apakah sudah sesuai dengan perencanaan yang sudah dibuat atau tidak.

Setelah dilakukan pengecekan Alhamdulillah tidak ada kendala dan mudah-mudahan akses jalan ini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat. Sebab akses jalan ini sangat penting untuk distribusi hasil pertanian dan menjadi urat nadi perekonomian masyarakat desa,” ujar Amir. (WR-Al)