Jadwal Tol Laut Pengangkut Sapi Kurban di Pelabuhan Bima Berubah Dari 18 Jadi 11 Kali

1723

BIMA, Warta NTB – Setelah sebelumnya direncanakan jadwal masuk kapal tol laut pengangkut sapi kurban di Pelabuhan Bima sebanyak 18 kali, kini jadwal tersebut berubah hanya tersisa 11 kali.

Hal itu diungkap Kepala Disnakkeswan Provinsi NTB melalui Kabid Pengelola dan Pemasaran Hasil Peternakan Rahmadi saat rapat bersama pengusaha ekpedisi pengiriman sapi kurban di aula Disnakkeswan Kota Bima, Kamis (15/4/2021).

“Awalnya memang kita rencanakan Kapal Tol Laut yang masuk ke Pelabuhan Bima sebanyak 18 kali, namun setelah dilakukan koordinasi dengan Kementerian dan Dirjen Lalu Lintas dan Angkutan Laut (Dirjen Lala) kuota yang diberikan hanya 11 kali,” jelasnya.

Oleh karena itu pentingnya pertemuan hari ini kata Rahmadi, yaitu untuk membahas perubahan jadwal tersebut dan membahas cara pembagian kuota angkut bagi sejumlah CV atau UD yang telah memiliki Sertifikat pendaftaran Perusahaan Peternakan (SP3) dari Disnakkeswan Provinsi NTB.

“Hari ini kita harus menetapkan kesimpulan sehingga saat pengiriman sapi kurban di Pelabuhan Bima nanti bisa berjalan tertib dan lancar tidak ada keributan dan kegaduhan,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Kabid Agri Bisnis Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) Kabupaten Bima Ir. Mahmud mengatakan, dari 11 kali jadwal tol laut yang direncanakan, maka akan dibagi 9 kali untuk Kabupaten Bima, masing-masing 1 kali untuk pengusaha ekspedisi Kota Bima dan Dompu.

“Sementara untuk daya angkut kapal masih sama, yaitu 600 ekor per satu kali pengangkutan rute Pelabuhan Bima-Tanjung Priok Jakarta,” jelasnya.  

Ir. Mahmud menuturkan, untuk jumlah CV di Kabupaten Bima yang diterima pihaknya sebanyak 53 CV. Dari 53 CV tersebut jika dilihat dari jatah Kabupaten Bima sebanyak 9 kali angkut, maka kuota angkut untuk masing-masing CV adalah sebanyak 101 ekor.

“Semuanya kita bagi rata, tidak ada CV yang kita anak tirikan dan anak emaskan. Semuanya kita bagi secara adil dan merata,” ungkapnya.

Ir. Mahmud meminta agar CV yang belum mendapat rekomendasi penerimaan hewan kurban dari daerah tujuan agar segera mengurusnya karena surat rekomendasi penerimaan dari daerah tujuan sangat penting.

“Tanpa adanya rekomendasi penerimaan hewan dari daerah tujuan, maka pengiriman sapi kurban dari CV yang tersebut tidak bisa dilakukan karena akan ditolak oleh pihak karantina daerah tujuan. Oleh karena itu kami meminta agar rekomendasi tersebut segera diurus,” tegasnya.

Berikut jadwal masuk Kapal Tol laut di pelabuhan Bima yang dijadwalkan pada musim kurban tahun 2021 ini.

  1. 18 April 2021 Nama Kapal Camara Nusantara 4
  2. 30 April 2021
  3. 12 Mei 2021 Nama Kapal Camara Nusantara 6
  4. 22 Mei 2021 Nama Kapal Camara Nusantara 4
  5. 23 Mei 2021 Nama Kapal Camara Nusantara 6
  6. 2 Juni 2021 Nama Kapal Camara Nusantara 4
  7. 3 Juni 2021 Nama Kapal Camara Nusantara 6
  8. 13 Juni 2021 Nama Kapal Camara Nusantara 4
  9. 14 Juni 2021 Nama Kapal Camara Nusantara 6
  10. 24 Juni 2021 Nama Kapal Camara Nusantara 4
  11. 25 Juni 2021 Nama Kapal Camara Nusantara 6

“Untuk sementara hanya 11 kali jadwal yang diberikan kalaupun ada perubahan akan kami sampaikan lebih lanjut,” tutup Ir. Mahmud.

Terlihat hadir pada pertemuan tersebut Ketua Pepehani Kabupaten Bima H. Amin bersama pengurus, Ketua Pepehani Kota Bima dan Dompu dan para pelaku usaha ekspedisi Kabupaten Bima, Kota Bima dan Dompu. (WR-Al)