Isi Jabatan Lowong, Pemdes Tonggondoa Gelar Seleksi Jabatan Kadus

569

BIMA, Warta NTB – Untuk mengisi kekosongan jabatan perangkat desa, Pemerintah Desa Tonggondoa, Kecamatan Palibelo, Kabupaten Bima menggelar seleksi tulis untuk jabatan Kepala Dusun (Kadus) yang digelar di aula kantor desa setempat, Kamis (17/10/2019).

Seleksi tulis yang dimulai pukul 10.15 Wita diikuti oleh 10 orang peserta yang telah mendapftar. Adapun nama-nama peserta antara lain Abdul Rahim, S.Pd, Ardiansyah, S.Pd, Fibri Rahman, S.Pd, Arif Hidayat, S.Pd, Imansyah, S. Pd, Fiktor Barak, Anwar, Suahaemin, Dahlan, S.Pd, Adi Dahlan dan Faisal, S.Pd.

Proses seleksi perangkat desa tersebut terlihat dipantau langsung Camat Palibelo Drs. Darwis, Babinkamtibmas Bripka Bilal Al Gajalo, Babinsa Serda Irmansyah, Anggota BPD terpilih, Pendamping Desa dan Seluruh Perangkat Desa.

Ketua Panitia Taufik, SH. MH mengatakan, pelaksanaan seleksi untuk perangkat desa yaitu jabatan Kadus yang lowong untuk Dusun I (Doro Toi) Desa Tonggondoa sedianya dilaksanakan pada bulan Juli 2019 lalu, namun karena terkendala anggaran akhirnya bisa diselenggarakan hari ini.

Taufik menjelaskan, soal yang akan dikerjakan oleh peserta sebanyak 100 nomor dengan waktu sebanyak 90 menit. Setelah peserta mengerjakan soal panita akan langsung melakukan koreksi pemeriksaan lembar jawaban peserta dihadapan peserta dan para pihak terkait yang hadir.

“Hal ini dilakukan untuk mencegah adanya penilaian miring terhadap panitia karena hasil jawab peserta akan diumunkan langsung kepada peserta dan pihak terkait lain yang hadir,” jelasnya.

Kata Taufik, bagi perta yang memiliki nilai tertinggi dari 10 orang peserta, maka dia lah yang dinyatakan lulus karena dalam seleksi ini hanya untuk mengisi satu jabatan Kadus yang lowong.

“Dari hasil seleksi yang memperoleh nilai tertinggi adalah saudara Ardiansyah, S.Pd mengungguli peserta lain dengan memperoleh nilai 78 poin,” katanya.

Taufik menambahkan, untuk pembuatan soal bagi peserta seleksi dilakukan oleh pihak DPMDes Kabupaten Bima. “Dalam proses pembuatan dan print out soal dilakukan dihadapan Panitia bersama Babinkamtibmas, Babinsa dan unsur pemerintah desa. Setelah diprint out soal dimasukan dalam amplop dan disegel kemudian digunakan untuk seleksi, hal ini dilakukan untuk mencegah adanya dugaan kecurangan,” tambah dia.

Di tempat yang sama, Camat Palibelo Drs. Darwis mengatakan, uji tulis bagi peserta dilakukan seperti uji saat masuk perguruan tinggi yaitu mengerjakan soal pilihan ganda dengan jumlah soal dan waktu yang telah ditetapkan oleh panitia.

“Bagi peserta yang memiliki nilai tertinggi, maka dialah yang dinyatakan lolos dan bagi peserta yang belum lolos agar jangan berkecil hati dan tetap semangat dan kita juga sebentar lagi akan menghadapi Pilkades serentak tahun 2019,” katanya.

Atas suskesnya kegiatan seleksi, Pj Kades Tonggondoa Drs. Syaifudin menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh elemen masayarakat
terutama panitia yang telah sukses menyelenggarakan kegiatan seleksi perangkat desa.

“Kami sampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak karena proses seleksi ini berjalan dengan sukses, aman, lancar dan kondusif yang dilakukan secara terbuka dan transparan. Semoga peserta yang lolos seleksi menjadi aparat desa handal dan memberikan kontribusi kemajuan pemrintah desa dan masyarak Tonggodoa,” ucapnya. (WR-Man)