Ikrar Pilkades Damai Jelang Pikades Serentak 2016 Lombok Barat

933
Ikrar Pilkades Damai 2016 oleh 68 calon Kepala Desa (Kades) di dampingi Sekda Lobar, Kapolres Lobar, Kapolres Mataram, Dandim 1606 Lobar,Ketua DPRD Lobar dan Kasat Pol PP Lobar.

Giri Menang, Wartantb.com – Sebanyak 500 personil anggota pengamanan dari Polres Lombok Barat (Lobar), Pol PP Lobar dan TNI melaksanakan apel Gelar Pasukan dalam rangka pengamanan pilkades serentak di lapangan Polres Lobar, Selasa (6/12). Pesta akbar pilkades serentak di 18 desa dari 9 Kecamatan yang ada Kabupaten Lombok Barat rencananya akan dilaksanakan besok Rabu (7/12).

Untuk mengantisipasi terjadinya konflik yang akan menganggu kelancaran pelaksanaan Pilkades, dalam kesempatan itu juga dilakukan penandatangan dan pembacaan Ikrar Pilkades Damai 2016 oleh 68 calon Kepala Desa (Kades) di dampingi Sekda Lobar, Kapolres Lobar, Kapolres Mataram, Dandim 1606 Lobar,Ketua DPRD Lobar dan Kasat Pol PP Lobar.

Ada 6 point yang tertuang dalam ikrar damai tersebut. Pertama, para calon Kades harus mematuhi tata tertib yang berlaku. Kedua, berperan aktif menjaga keamanan dan ketertiban. Ketiga, mengendalikan perilaku anarkis dari para pendukungnya. Keempat, tertib adil dan berkualitas. Kelima, menerima hasil keputusan akhir dari pelaksanaan Pilkades dan terakhir jika melanggar ikrar tersebut siap untuk ditindak.

Sementara itu Sekda Lobar, H.Moh. Taufiq selaku Inspektur Upacara berpesan agar masyarakat merapatkan barisan untuk mengantisipasi gangguan keamanan. Sekda juga meminta agar para calon mampu menunjukkan diri sebagai suri tauladan yang baik.

“Kekalahan dan kemengan adalah hal yang biasa dalam demokrasi. Untuk itu para calon harus arif dalam menerima kekalahan,” ungkapnya.

Sekda menganjurkan apabila nanti terjadi permasalahan hendaknya diselesaikan dengan musyawarah dan mengharapkan peran serta dari tokoh agama dan tokoh masyarakat untuk memberi arahan. (budi/humas)