Ibu-Ibu Antusias Ikuti Penyuluhan KB yang Digelar Satgas TMMD dan BKKBN

775
Penyuluhan KB yang dilaksanakan Satgas TMMD dan BKKBN Kecamatan Lambu.

BIMA, Warta NTB – Kegiatan penyuluhan Keluarga Berencana (KB) yang dilaksanakan Satgas TMMD dan BKKBN Kecamatan Lambu di aula Kantor Desa Soro, Minggu (21/10/2018) cukup antusias diikuti oleh Ibu-ibu warga Desa Soro, Kecamatan Lambu, Kabupaten Bima.

Penyuluhan KB adalah salah satu item kegiatan nonfisik yang dilaksanakan dalam program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 103 tahun 2018 di wilayah Kodim 1608/Bima.

Dandim 1608/ Bima Letkol Inf Bambang Kurnia Eka Putra selaku Komandan Satgas (Dansatgas) TMMD mengatakan, penyuluhan keluarga berencana adalah salah satu item program nonfisik dalam kegiatan TMMD.

“Melalui kegiatan penyuluhan KB masyarakat khususnya ibu-ibu diharapkan akan lebih tahu bagaimana manfaat program KB, karena  program KB sesungguhnya hanya membatasi angka kelahiran, karena setiap keluarga sejahtera sebetulnya hanya memiliki dua anak cukup,” kata Dandim.

Bambang menjelaskan, program KB adalah program pemerintah yang dilaksanakan mulai tingkat nasional hingga pelosok desa, demikian juga dengan program TMMD adalah program nasional yang sasarannya adalah penduduk di pelosok desa.

“Dari kedua program tersebut sangat relevan, jika program TMMD dipadukan dengan kegiatan penyuluhan dan sosialisasi tentang KB,” jelasnya.

Ditambahkan Dandim, bahwa tidak semua masyarakat paham tentang KB, maka dengan diberikan penyuluhan, masyarakat khusunya ibu-ibu akan lebih memahami manfaat program KB untuk kesejahteraan keluarga dengan dua anak cukup.

Sementara itu, Dan SSK Kapten Inf. Junaid mengharapkan, dengan dilaksanakanya penyuluhan KB dapat memberikan pemahan kepada masyarakat tentang manfaat dari program KB.

“Semoga dengan kegiatan nonfisik berupa penyuluhan KB yang dilaksankan Tim Satgas TMMD dapat meningkatkan pemahaman ibu-ibu yang hadir tentang manfaat program KB sehingga dapat diteruskan kepada saudara, keluarga dan tetangga yang tidak sempat hadir,” harapnya. (WR)