HMI Cabang Dompu Gelar Seminar, Ini Harapan Pemerintah

786
Kegiatan tersebut diharapkan dapat melahirkan pandangan-pandangan yang konstruktif dan membangun guna terciptanya konduktifitas daerah.

Dompu, Wartantb.com – Bertempat di gedung Pemuda, Kamis (26/1/2017), Bupati Dompu diwakili Asisten II Setda Dompu membuka secara resmi Seminar Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Dompu dengan tema Membangun Strategi dan Sinergitas antara Pemda, Aparat Keamanan dan Masyarakat dalam penanganan dan penyelesaian Konflik Sosial di Kabupaten Dompu.

Sebelum membuka secara resmi acara tersebut, Asisten II Setda Dompu H. Suhartomo, SKM, MPPM mengungkapkan, bahwa peran generasi muda dalam ikut membangun Dompu tidak perlu diragukan lagi, karena selama ini generasi muda Bumi Nggahi Rawi Pahu salah satunya yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) telah banyak mengambil bagian untuk ikut berpartisipasi aktif dalam membangun Bangsa/Negara dan daerah ini.

Pada kesempatan itu, HMI diminta untuk membantu pemerintah dan ikut serta bersama aparat keamanan dalam menjaga keamanan dan ketertiban dilingkungan masyarakat dalam mengatasi konflik-konflik sosial ditengah masyarakat dengan cara menciptakan kereativitas yang positif, melakukan perubahan sosial yang kondusif, membangun komitmen kebersamaan dan membangun nilai-nilai kearifan lokal.

“Apabila cara-cara ini dapat kita lakukan di tengah-tengah masyarakat. Insa Allah, konflik sosial dapat kita hindari, sehingga visi-misi membangun daerah dapat kita wujudkan bersama,” ungkap Suhartomo.

Kegiatan tersebut diharapkan dapat melahirkan pandangan-pandangan yang konstruktif dan membangun guna terciptanya konduktifitas daerah. “Kita jangan hanya bisa mengkritik setiap permasalahan yang terjadi, tetapi kita juga harus bisa memberikan solusi yang terbaik bagi kemajuan daerah yang kita cintai ini,” ajaknya.

Diakhir sambutannya diharapkan, melalui kegiatan seminar para peserta dapat memahami tentang bagaimana peranan pemuda dalam membangun daerah dengan strategis dan sinergitas antara pemerintah daerah, aparat keamanan dan masyarakat dalam penanganan dan penyelesaian konflik sosial di Kabupaten Dompu. (R-Hum)