HMI Cabang Bima Buka Posko Layanan Kesehatan Gratis Bagi Korban Banjir di Desa Sakuru

297
Kegiatan sosial berupa pembagian sembako dan pemberian layanan kesehatan gratis yang dilakukan HMI Cabang Bima korban banjir di Desa Sakuru, Sabtu (24/4/2020).

BIMA, Warta NTB – TIM Relawan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Bima Peduli korban banjir bandang Bima membuka posko layanan kesehatan gratis dan menyerahkan bantuan logistik berupa sembako kepada korban banjir di Desa Sakuru, Kecamatan Monta, Kabupaten Bima, Sabtu (24/4/2021)

Bantuan sembako diberikan kepada 210 Kepala Kelurga dan sebanyak 84 warga melakukan pemeriksaan gratis. Kegiatan ini melibatkan Bakornas Lembaga Kesehatan Mahasiswa Islam (LKMI) dan Lembaga Pariwisata dan Pecinta Alam Mahasiswa Islam (LEPPAMI) PB HMI bersama HMI Cabang Bima melayani masyarakat dari siang hingga menjelang berbuka puasa.

Muadin Kabid PA Cabang Bima mengatakan, kegiatan kemanusiaan yang dilaksanakan berupa pembagian sembako dan pelayanan kesehatan gratis bertujuan mencegah penyakit menular kepada korban banjir pasca banjir bandang yang merendam sedikitnya 14 kecamatan di kabupaten bima yang terjadi pada hari Jumat 2 April 2021 lalu.

“Kegiatan kemanusiaan yang kami lakukan bertujuan untuk membantu masyarakat korban banjir terutama dalam hal menjaga kesehatan dan mencegah penularan penyakit pasca banjir,” katanya.

Dijelaskannya, Posko HMI Peduli dibuka di halaman rumah Kepala Desa Sakuru Soeharto, S.Pd yang terletak di RT.09/RW.003, Dusun Oi Ni’u, Desa Sakuru yang juga merupakan mantan kader HMI Cabang Bima.

Dalam kegiatan pelayanan kesehatan, HMI Cabang Bima melibatkan dr. Yusran dari Bakornas LKMI PB HMI yang merupakan salah satu relawan tenaga kesehatan yang di tempatkan di daerah Bima-NTB.

“Pelayanan kesehatan dimulai pukul 14.21 Wita hingga menjelang waktu berbuka puasa. Selain melayani kesehatan gratis kami juga memberikan bantuan berupa 210 paket sembako pada kepala kelurga yang menjadi korban banjir ,” ucapnya.

Disampaikan Muadin, selain membuka layanan kesehatan gratis di Desa Sakuru rencananya HMI Cabang Bima akan membuka posko yang sama bagi korban bajir di wilayah Kecamatan Madapangga yang di awali dari di Desa Rade. “Besok hari Minggu kami akan melaksanakan kegiatan yang di Kecamatan Madapangga,” terangnya.

Terhadap kegiatan yang dilaksanakan HMI Cabang Bima, Kepala Desa Sakuru Suharto menyampaikan ucapan terima kasih seluruh kader HMI yang turut membantu warga korban banjir di desanya dengan sumbangsih tenaga, waktu, pikiran, hingga materi

“Terima kasih kami sampaikan kepada adik-adik saya kader Himpunan Mahasiswa Islam yang telah membantu meringankan beban bagi warga kami yang menjadi korban banjir,” ucapnya.

Mewakili masyarakat Desa Sakuru, Kades muda ini juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bakornas LKMI, LEPPAMI PB HMI dan juga HMI Cabang Bima.

“Saya sebagai Alumnus HMI merasa bersyukur dan bangga karena HMI masih senantiasa hadir di tengah masyarakat dalam memberikan bantuan di tengah terpurknya kedaan masyarakat akibat banjir,” kata mantan Aktivis HMI ini. (WR-Al)