Hasil Swab, PDP Meninggal di Dompu Positif Corona

702
Foto: Ilustrasi Swab Test

DOMPU, Warta NTB – Berdasarkan hasil Swab Test yang diterima Pemkab Dompu dan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Disease (Covid-19) Kabupaten Dompu, Sabtu (18/4/2020) bahwa Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang meninggal di Kabupaten Dompu hari Kamis kemarin dinyatakan positif Covid-19.

Hal itu disampaikan, Sekertaris Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Dompu Jufri ST, M.Si. Kata dia, hasil Swab Test terhadap dua orang PDP Kluster Gowa Sulawesi Selatan telah diterima Pemkab Dompu dan Tim Gugus Covid-19.

Jufri menyebutkan, berdasarkan hasil swab test dari dua orang tersebut salah satunya Tn. UM (83 thn) warga Kelurahan Kandai Satu, Kecamatan Dompu yang meninggal kemari diyatakan Positif. Sedangkan Tn. SP (24 thn) warga Desa Doropeti, Kecamatan Pekat dari hasil pemeriksaan rapid test non reaktif dan hasil pemeriksaan swab juga negatif.

“Kedua orang ini sama-sama memiliki riwayat perjalanan yang berhubungan dengan Klaster Gowa Sulawesi Selatan,” sebutnya.

Kata Jufrin, saat ini Tn. SP dalam perawatan di ruang isolasi RSUD Dompu dengan status Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan kondisinya saat ini membaik. Sementara Tn. UM yang dinyatakan positif berdasarkan hasil pemeriksaan swab test yang meninggal dunia di ruang isolasi RSUD Dompu pada hari Kamis sekitar pukul 13.30 Wita kemarin telah dimakamkan di pemakaman umum Kandai Satu sesuai protap pemakaman jenazah Covid-19.

Ditambahkan Jufri, selanjutnya akan dilakukan contact tracing dan pemeriksaan Rapid Test pada anggota keluarga dan orang yang berhubungan dengan Tn. UM. Sementara, populasi beresiko (tenaga Kesehatan RSUD Dompu) yang pernah kontak dengan pasien atas nama Tn. SP sebanyak 20 orang sudah diperiksa menggunakan metode Rapid Test dengan hasil semuanya Non Reaktif.

Dijelaskanya, sampai hari ini, Sabtu 18 April 2020 telah dilaksanakan Rapid Test terhadap 129 orang Pelaku Perjalanan Tanpa Gejala (PPTG) dari Klaster Gowa Sulawesi Selatan, 65 orang di antarannya dinyatakan reaktif tersebar di Kecamatan Dompu 22 orang, Kilo 17 orang, Manggelewa 8 orang, Woja 15 orang dan Kecamatan Hu’u 3 orang.

Ia pun meyebutkan, hingga press realese ini dikeluarkan, jumlah PDP di Kabupate Dompu sebanyak 11 orang dengan rincian 9 orang sembuh dan 2 orang masih dalam pengawasan dan dalam kondisi baik. Untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) jumlahmya 86 orang dengan rincian 48 orang masih dalam pemantauan dan 38 orang selesai pemantauan..

“Oleh karena itu, jika ada orang dengan hasil rapid test dinyatakan reaktif, maka akan dilanjutkan dengan pemeriksaan Swab sebagai standar pemeriksaan laboratorium untuk penegakkan diagnosa Covid-19,” tutupnya.  (WR)