Hari Pertama KBM Tatap Muka, SMAN 2 Monta Gelar Upacara Gabungan

280
Upacara gabungan hari pertama KBM tatap muka yang digelar di halaman SMAN 2 Monta, Senin (16/11/2020).

BIMA, Warta NTB – Setelah beberapa waktu yang lalu melakukan simulasi belajar tatap muka, maka pada hari pertama Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tatap muka, Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Monta melakukan upacara gabungan yang berlangsung di halaman sekolah setempat, Senin (16/11/2020).

Upacara gabungan hari pertama belajar tatap muka ini dihadiri Muspika Kecamatan Monta seperti Camat Monta Drs. Nurdin, Kapolsek Iptu Takim, Danramil Monta, para guru, Kepala Sekolah Nazamuddin, S.Pd dan para siswa.

Kapolsek Monta Iptu Takim yang menjadi pembina upacara dalam ucapacara tersebut dalam amanatnya menyampaikan, upacara bendera adalah salah satu upaya dalam menumbuhkan budi pekerti dan karakter bangsa kepada para siswa, terutama nilai-nilai kebangsaan dan kebhinekaan serta  mengajarkan untuk berjiwa nasionalis.

Sementara terkait belajar tatap muka di tengah pandemi virus corona, Kapolsek mengajak semua pihak untuk bersama-sama membangun kebersamaan dan kekompakan mencegah penyebaran virus corona dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19.

“Kita harus membangun kebersamaan dan kekompakan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan menerapkan Protokol Kesehatan dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

Selain itu, Kapolsek juga mengajak semua pihak untuk mensukseskan kegiatan belajar mengajar tatap muka yang dilakukan SMAN 2 Monta memasuki era “New Normal” atau tatanan kehidupan baru.  

“Semua pihak haruslah ikut berperan dalam mencerdaskan anak bangsa, peran dan dukungannya dibutuhkan untuk mewujudkan prestasi anak didik, tidak hanya guru namun peran orang tua juga sangat penting,” ajaknya.

Kapolsek menilai selama ini SMAN 2 Monta memiliki peran penting dalam mendorong dan memajuka Sumber Daya Manusia (SDM) di wilayah Monta Selatan. Pada kesempatan itu, Kapolsek juga mengajak semua pihak untuk bersama-sama menjaga kamtibmas yang aman dan kondusif demi terciptanya tatanan kehidupan masyarakat yang harmonis.

“Saya melihat selama ini SMAN 2 Monta adalah salah satu sekolah menengah atas di wilayah Monta Selatan yang telah banyak memberikan kontribusi dalam meningkatkan SDM bagi para calon penerus bangsa,” sebutnya.

Di tempat yang sama Kepala SMAN 2 Monta Nazamuddin mengatakan, pelaksanaan KBM tatap muka dilaksanakan berdasarkan Surat Edaran Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) Nomor: 420/4262.UM/Dikbud tanggal 6 November 2020 tentang simulasi tatap muka, kegiatan belajar mengajar (KBM).

“Meski kita saat ini dihadapkan dengan pandemi global virus corona, namun pendidikan belajar mengajar tidak boleh terhenti dan mutu pendidikan harus tetap berkualitas, kami akan terus melakukan inovasi agar belajar tatap bisa maksimal,” katanya.

Menurutnya, memasuki era new normal, semua pihak harus bisa menyesuaikan diri dengan keadaan sekarang karena semua aktivitas masyarakat saat ini sudah diataur dengan ketentuan mematuhi protokol kesahatan Covid-19 termasuk dalam dunia pendidikan.

“Saat ini, dewan guru, para siswa dan semua unsur sekolah harus bisa menyesuaikan diri dengan pola tatanan kehidupan baru, yakni setiap aktivitasnya harus mematuhi standar protokol kesehatan Covid-19 termasuk dalam kegiatan belajar mengajar,” katanya.  (WR-Al)