Hari Bhakti PU Ke-71 2016, Infrastruktur Terus Dibenahi

927
Wakil Gubernur selaku pembina upacara membacakan Sambutan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI, M. Basuki Hadi Mulyono.

Mataram, Wartantb.com – Momentum Hari Bhakti PU ke-71 berlangsung hikmad. Upacara yang digelar di halaman Kantor Dinas Pekerjaan Umum Provinsi NTB, Sabtu (03/12/2016) tersebut dipimpin Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat, H. Muh. Amin, SH. M.Si.

Hadir pula saat itu sejumlah Kepala SKPD dan Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Lingkup Pemprov. NTB. Tidak ketinggalan, ratusan karyawan dan karyawati Kantor Dinas PU tersebut turut memenuhi lapangan mengkuti event tahunan tersebut.

Wakil Gubernur selaku pembina upacara membacakan Sambutan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI, M. Basuki Hadi Mulyono. Melalui Wagub, Menteri PU Pera menyampaikan pembenahan infrastruktur di seluruh wilayah Indonesia terus dibenahi untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Hal itu juga dilakukan untuk mengatasi disfaritas antara daerah yang satu dengan daerah yang lain.

“Pembenahan infrastruktur turut menyumbang pertumbuhan ekonomi ril kita. Juga telah menyerap tenaga kerja dalam jumlah yang cukup besar,” jelas wagub.

Untuk terus mengembangkan infrastruktur tersebut, Menteri menyampaikan beberapa langkah yang harus ditempuh oleh semua pihak, terutama pejabat dan ASN di Kementerian PU Pera.

“Kita harus memanfaatkan teknologi informasi, khususnya yang dapat mempermudah dan mempercepat pelayanan kepada masyarakat. Dan yang lebih penting adalah kepastian masyarakat memperoleh informasi biaya perizinannya,” tutur wagub.

Selain itu, pemanfaatan sistem monitoring, e-costing dan e-budgeting yang telah dibangun penting dilakukan untuk mewujudkan pelayanan prima kepada masyarakat. Dan yang lebih penting lagi adalah melakukan reformasi birokrasi secara konsisten di semua level. Hal ini dilakukan untuk mewujudkan birokrat yang melayani, bukan priyayi.

“Jauhkan diri dari sifat korupsi, kolusi dan nepotisme. Mari kita berantas pungutan liar,” Ajak Menteri dalam sambutan tersebut.

Usai upacara, Wagub bersama Kepala Dinas PU Provinsi NTB, …dan sejunlah anggota FKPD meninjau lokasi pameran foto infrastuktur, baik yang sudah maupun yang tengah dibangun Kantor PU saat ini.

Tahun ini, tema yang diusung oleh kementerian PU Pera adalah Bekerja Keras, Bergerak Cepat dan Bertindak Tepat. (Hum)